11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

BMKG Perkirakan Wilayah Sumut Bagian Lereng Barat dan Timur Hujan Lebat

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada kawasan lereng timur dan barat akan mengalami hujan lebat, Jumat (3/2/23).

“Terpantau dari pergerakan cuaca pada hari ini terlihat ada gumpalan awan yang berada di lokasi lereng barat dan timur Sumut. Dampaknya akan mengalami hujan lebat pada sore hingga malam hari,” terang Martha Rosefina Manurung kepada wartawan.

Ia menyebutkan, kawasan itu yakni Dairi, Karo, Humbang Hasundutan, Asahan, Samosir, Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara dan Tapanuli Utara. Sedangkan untuk keesokan harinya, Martha katakan diperkirakan di daerah Karo, Toba, Labuhanbatu Utara mengalami hujan juga.

Baca Juga:BMKG : Selama Dua Hari Kawasan Pegunungan Sumut Alami Hujan Lebat

Dari grafik BMKG, pada keesokan harinya waspada pada kawasan Labuhanbatu Utara yang mengalami hujan lebat. Dampaknya diperkirakan dapat terjadi longsor, erosi tanah dalam skala menengah, volume air meningkat dan lainnya.

“Sementara pada suhu udara di Sumut rata-rata dari 18 sampai 32 derajat celsius dengan kelembapan udara 65 sampai 98 persen. Untuk kecepatan angin dari barat laut hingga timur 10 sampai 30 km/jam,” pungkas Martha.(bany/hm15)

Related Articles

Latest Articles