21.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

BMKG: Gelombang Tinggi Perairan di Kawasan Nias dan Aceh Capai 3,5 M

Medan, MISTAR.ID

Bandan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan menginformasikan, diperkirakan gelombang perairan masih tinggi di kawasan Nias dan Aceh pada dua hari mendatang.

“Waspada gelombang hari ini yang mencapai 2.0-3.5 M di Samudera Hindia Barat Nias. Selain itu, terjadi di perairan Barat Aceh, Selat Malaka bagian Utara, perairan Banda Aceh-Sabang, perairan Utara Sabang dan Samudera Hindia Barat Aceh, dan Samudera Hindia Barat Nias,” ucap Prakirawan Christen Novena kepada wartawan, Minggu (29/1/23).

Ia merinci, kondisi sinoptik pada bibit siklon tropis 90 B terpantau berada di Samudra Hindia barat Aceh. Sistem ini memiliki kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb dengan arah gerak ke barat dengan potensi bibit ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam.

Baca juga:Waspada! Gelombang Tinggi Hingga Empat Meter Mengancam Perairan Indonesia

Kata Christen, diperkirakan kedepan berada dalam kategori rendah. Meskipun demikian, sistem ini terpantau membentuk daerah konvergensi memanjang di Aceh bagian utara.

Ia katakan, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga:BMKG: Waspada Gelombang Tinggi yang Mencapai 3 Meter di Wilayah Sibolga dan Nias

“Ditambah angin diatas perairan Sumatera bagian Utara pada umumnya bergerak dari Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 02 – 25 knot,”pungkasnya. (bany/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles