12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

BMKG Deteksi Satu Titik Hostpot, Sumut Masih Berpotensi Hujan Hari Ini

Medan, MISTAR.ID

Satelit Terra milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi satu titik panas (hotspot), Minggu (9/5/21) pukul 10.29 WIB.

“Titik panas itu berada di Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan batu atau Bujur 99.825 dan Lintang 2.098,” ujar Plt Kepala BMKG wilayah I Medan Eridawati, melalui prakirawannya.

Dengan ditemukannya titik hotspot itu, suhu udara Sumatera Utara (Sumut) pada umumnya berada pada 24.0 – 33.0⁰ C. Sementara kelembaban udara 60 – 95% dan angin yang berhembus dari Utara ke Tenggara berkekuatan 5 – 30 km/jam. “Tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan hari ini,” ungkapnya.

Baca Juga:BMKG Memantau Dua Titik Panas di Mandailing Natal

BMKG memprediksi gelombang laut di dua wilayah yang mengelilingi Sumatera Utara hari ini berbeda. Untuk Samudera Hindia Barat Nias tingginya 2.5 – 4.0 meter. “Sementara Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Samudera Hindia barat Aceh, Perairan Nias-Sibolga dalam kategori sedang 1.25-2.5 meter,” sebutnya.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan hujan ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di seluruh wilayah di Sumatera Utara sejak sore hingga malam hari. Dini hari nanti, menurut prakirawan, hujan ringan akan terjadi di daerah lereng barat Sumatera.

“Kalau siang ini, cuaca cerah berawan hingga hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah lereng barat, pegunungan dan sebagian lereng timur Sumatera Utara dan sekitarnya,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Latest Articles