10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

BMKG: Besok Hujan Deras Disertai Petir Berpotensi Terjadi di Sejumlah Wilayah Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Utara masih berpotensi diguyur hujan, pada Minggu (13/8/23).

Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Endah Paramita mengatakan, pada pagi hari  Sumut cenderung berawan. Namun, hujan ringan berpeluang terjadi di Kepulauan Nias dan sekitarnya.

“Siang-sore hari hujan lebat disertai petir akan terjadi di Tapanuli Utara (Taput), Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapanuli Selatan (Tapsel), Mandailing Natal (Madina, Langkat), Medan, Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara (Paluta) dan Padang Lawas (Palas),” ujarnya, pada Sabtu (12/8/23).

Baca juga: BMKG Perkirakan Fenomena El Nino Hingga November 2023

Endah mengatakan, malam harinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan diperkirakan jaga akan terjadi di Langkat, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Sibolga, Tapteng, Madina dan Humbang Hasundutan (Humbahas). Untuk dini harinya Sumut akan kembali berawan.

Disebutkan Endah, suhu udara Sumut esok hari berada pada kisaran 16.0-33.0 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen, sementara angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10-30 km/jam.

“Satu titik panas (hotspot) terdeteksi pada 11 Agustus 2023 di wilayah Balige, Kabupaten Toba,” ungkapnya.

Baca juga: Cuaca di Kota Medan Tak Menentu, BMKG: Adanya Belokan Angin dan Wilayah Konvergensi

Dia menyebutkan, pihaknya tetap mengeluarkan himbauan untuk mewaspadai hujan deras disertai petir di sebagian wilayah lereng timur, pegunungan, lereng barat dan pantai barat Sumut pada sore hingga malam hari.

“Kondisi ini dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan genangan air,” pungkas Endah. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles