10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Bibit Ikan Nila untuk Keramba Danau Toba Dipasok dari Usaha Perikanan Rakyat Batu Bara

Batu Bara, MISTAR.ID

Kabupaten Toba dikenal dengan penghasil ikan nila. Bahkan ikan nila yang dihasilkan dari Kabupaten Toba sudah diekspor hingga ke luar negeri. Namun ternyata, Kabupaten Batu Bara ternyata memiliki kontribusi sebagai pemasok bibit.

Sebanyak 30 ribu hingga 50 ribu bibit ikan nila secara kontiniu dikirim UPR (Usaha  Perikanan Rakyat) Sumber Jaya yang memiliki usaha pembibitan nila di Dusun Teluk Sibayan Desa Sumber Padi Kecamatan Lima Puluh Batu Bara.

Hal itu disampaikan pembina UPR Sumber Jaya Citra Muliadi Bangun saat dikonfirmasi wartawan di markas Wappress di Lima Puluh, Kamis (30/9/21).

Baca juga: PKS Gunung Bayu Simalungun Tabur 3.000 Bibit Ikan untuk Warga

“Alhamdulillah kegiatan pembibitan ikan nila dibawah Binaan UPR Sumber Jaya masih tetap berjalan sebagaimana biasa. Setiap bulan UPR mengirimkan 30 ribu hingga 50 ribu bibit ikan nila ke Danau Toba”, beber Citra Muliadi yang juga anggota DPRD Batu Bara itu.

Dikisahkan Citra, sebelum Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan memberi bantuan sumur bor, usaha pembibitan ikan UPR Sumber Jaya tidak bisa berkembang.

“Debit air dari anak sungai sangat sedikit. Terlebih saat musim kemarau praktis pembibitan tidak berjalan karena debit air sangat sedikit bahkan terhenti “, imbuh Citra.

Baca juga: Bupati Batu Bara Ajak Warga Manfaatkan Lahan Kosong

Namun setelah adanya bantuan sumur bor dari Pemerintah Batu Bara yang menghibahkan sumur bor kepada UPR Sumber Jaya maka debit air sangat melimpah setiap saat.

“Pembibitan ikan nila semakin baik dan petani tidak khawatir lagi kekurangan air ketika musim kemarau”, tutupnya. (ebson/hm06)

Related Articles

Latest Articles