12.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Biaya Lahan Anton Sihombing di Jalan Lingkar Siborong-borong Rp1,6 M Dititipkan di PN Tarutung

Taput, MISTAR.ID

Untuk kelancaran pembangunan jalan lingkar Siborong-borong, pihak pemkab Taput telah menitipkan biaya ganti rugi lahan di Pegadlan Negeri (PN) Tarutung sebesar Rp1,6 miliar kepada Anton Sihombing mantan anggota DPR RI.

Penitipan uang tersebut sesuai PP nomor 19 tahun 2021 karena pihak Anton Sihombing keberatan atas pembangunan jalan lingkar karena tidak sesuai biaya ganti rugi sehingga membangun portal dari beton di badan jalan lingkar.

Hal tersebut disampaikan Sekda Taput, Indra Simaremare, Senin (10/1/22) di ruang kerjanya. “Kita menitipkan uang ganti rugi lahan di PN Tarutung sebesar Rp1,6 miliar sesuai PP 19 tahun 2021,”ujarnya. “Harga tanah yang kita titipkan di PN Tarutung sesuai
dengan hasil tim Apprasial (penilaian) tentang harga tanah,” jelasnya.

Baca juga: Pelaku Penggelapan Uang Milik Mantan Anggota DPRD Riau Diringkus Polsek Siborong-borong

Lebih lanjut Indra menyebutkqn bahwa dirinya bersama tim di Jakarta telah menemui Anton Sihombing tapi dalam pertemuan itu tidak ada titik temu soal harga tanah sehingga Pemkab melakukan pentipan uang di PN demi kelancaran pembangunan jalan lingkar tersebut.

Sementara Ketua Pengadilan Negeri Tarutung, Golom Silitonga SH ketika dikonfirmasi tentang penitipan uang ganti rugi di PN kepada Anton Sihombing, Golom membenarkan penitipan uang tersebut oleh Pemkab Taput kepada Anton Sihombing. “Penitipan uang tersebut telah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Golom Sihombing.

Kabag Hukum Organisasi Pemkab Taput, Welly Simanjuntak saat dihubungi menyebutkan pentipan uang ganti untung di PN Tarutung telah sesuai dengan hasil tim Apprasial
(penilain) sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) 19 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Sementara Anton Sihombing ketika dihubungi tentang biaya ganti lahan yang dititipkan di PN Tarutung dan badan jalan lingkar Siborongborong yang ditembok dengan beton di Desa Lobusiregar II tidak berhasil dihubungi.

Baca juga: Bupati Taput Lantik Pengurus Siborong-borong Creative in Art Periode 2021-2024

Sementara beberapa warga di sekitar jalan lingkar di sepanjang 14 Km yang memberikan lahannya untuk pembangunan jalan lingkar mereka tidak mau meminta ganti rugi. Mereka berharap pembangunan jalan lingkar Siborongborong berjalan baik dan mereka berterimakasih kepada Bupati Taput.

“Pembangunan jalan lingkar sudah sangat menguntungkan bagi kami warga Desa Sitabotabo, Desa Libusiregar dan Desa Pariksabungan sehingga harga tanah di sekitar
jalan lingkar jadi berharga,” ujar warga. (fernando/hm09)

Related Articles

Latest Articles