16.1 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Baznas Deli Serdang Salurkan Zakat untuk 190 Orang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar menegaskan, zakat mempunyai peran sangat penting, karena memiliki kontribusi dalam membantu dan mendukung umat yang membutuhkan.

“Karena itu, keberadaan lembaga zakat juga berpeluang mendorong perekonomian. Karena zakat dapat dipercaya sebagai sarana untuk mengatasi masalah kemiskinan yang tinggi dengan melaksanakan program zakat produktif. Semoga kesadaran umat Islam akan kewajiban membayarnya bisa semakin meningkat, sehingga akan banyak lagi masyarakat merasakan manfaatnya,” kata Ali Yusuf saat penyerahan bantuan kepada kelompok tani dan zakat, infak dan sedekah oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang, di halaman Balai Penyuluh Pertanian, Desa Baru, Kecamatan Batang Kuis, pada Kamis (22/6/23).

Menurut Wabup, keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag), memiliki program-program unggulan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada pengelolaan zakat yang diselenggarakan secara profesional dan akuntabel, serta berorientasi pada kepentingan umat.

Pemkab Deli Serdang, tambah Yusuf, akan terus memberikan dukungan dalam memaksimalkan potensi-potensi zakat di Kabupaten Deli Serdang. Terutama zakat profesi dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deli Serdang.

Salah seorang penerima, Rahmat Siregar memberikan apresiasi kepada Baznas dan Pemkab Deli Serdang atas penyaluran bantuan tersebut.

“Terima kasih atas kebaikan dan kepedulian Baznas dan Pemkab Deli Serdang. Mudah-mudahan Hari Jadi ke 77 ini, Kabupaten Deli Serdang bisa semakin maju dan sejahtera,” tutur Rahmat.

Ketua Baznas Deli Serdang, Surya Putra dalam laporannya menyampaikan, penyaluran bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Hari Jadi daerah itu ke 77.

“Kita juga melakukan penyerahan bantuan biaya dan alat pertanian. Begitu juga bantuan pada pengumpul zakat dan lainnya. Baznas ditugasi untuk menghimpun dana zakat dan menyalurkannya. Penerima bantuan dari warga Kecamatan Batang Kuis dan Tanjung Morawa,” jelasnya, dan menyampaikan dana yang dihimpun berasal dari ASN Pemkab Deli Serdang.

Untuk diketahui, penerima zakat sebanyak 190 orang. Ini terdiri dari penerima zakat dari Baznas sebanyak 150 orang (75 orang dari Kecamatan Batang Kuis dan 75 Kecamatan Tanjung Morawa).

Sisanya, 40 orang penerima lainnya merupakan warga Desa Baru, Kecamatan Batang Kuis. Zakat yang diberikan berasal dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Nurul Jihad, Desa Baru.

Tampak hadir, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Deli Serdang, Andi Widiya Laksana, Kepala Kesbangpol, Zainal Abidin Hutagalung, Sekretaris Satpol PP, Eko Sapriadi, Camat Batang Kuis, Nasib Solichin, Camat Tanjung Morawa, Rio Laka Dewa, Camat Pagar Merbau, Ibnu Hajar, Kapolsek Batang Kuis, AKP Syahrizal, Danramil Batang Kuis, Kapten Inf AT Panjaitan dan para Kepala Desa (Kades). (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles