33.6 C
New York
Monday, June 24, 2024

Polres Batu Bara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 

Batu Bara, MISTAR.ID

Kepolisian Resor (Polres) Batu Bara menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Mako Polres Batu Bara, Sabtu (01/6/24).

Selaku Pembina Upacara, Waka Polres Batu Bara Kompol lmam Alriyuddin, membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIPRI)
KH. Yudian Wahyudi yang menyampaikan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

Dipaparkan, pemilihan tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Keberadaan Pancasila juga disebutkan merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

Baca juga:Istana Niat Lima Laras di Batu Bara Resmi jadi Cagar Budaya

Dalam momentum bersejarah ini, Kompol Imam mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai pancasila kedalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ungkapnya.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila diikuti PJU Polres Batu Bara, para Kasat, Kapolsek, Kasi, Kasubbag, perwira, staf, dan segenap personel Polres Batu Bara. (ebson/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles