19.2 C
New York
Wednesday, June 12, 2024

Istana Niat Lima Laras di Batu Bara Resmi jadi Cagar Budaya

Batu Bara, MISTAR.ID

Istana Niat Lima Laras Desa Lima Laras Kecamatan Nibung Hangus Kabupaten Batu Bara resmi menjadi cagar budaya, Jumat (31/5/24). Hal itu ditandai pemasangan plang cagar budaya oleh Pj Bupati Batu Bara Nizhamul di halaman Istana Niat Lima Laras.

“Tepat pada hari ini, tanggal 31 mei 2024 kita akan melaksanakan pemasangan plang cagar budaya Istana Niat Lima Laras. Istana Niat Lima Laras merupakan cagar budaya Kabupaten Batu Bara. Mari sama-sama kita jaga kelestariannya,” ucap Nizhamul.

Nizhamul mengungkapkan kelak di istana Niat Lima Laras akan dibuat pameran tradisional Melayu Batu Bara, sehingga nilai budaya Melayu Batu Bara tetap terjaga. Penetapan Istana Niat Lima Laras sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan ketentuan Pasal 33 ayat 1 dan Pasal 45 nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya dan surat keputusan Pj Bupati Batu Bara nomor 406/disporabudpar/2024.

Baca Juga : Pemko Medan Berharap Istana Maimun Bisa Jaga Sejarah Melayu di Sumut

Nizhamul mengatakan, setelah tahap penetapan Istana Niat Lima Laras sebagai cagar budaya pada hari ini, maka langkah-langkah revitalisasi selanjutnya akan terus dilaksanakan.

“Revitalisasi adalah proses menghidupkan kembali apa yang sebelumnya pernah ada. Kita akan menyempurnakan kembali bangunan istana niat lima laras ini, kembali seperti bentuk aslinya. Dalam proses konkritnya adalah memperbaiki aspek fisik, ekonomi dan sosial Istana Niat Lima Laras ini,” ucapnya.

Nizhamul mengharapkan peran semua pihak untuk semakin sadar, peduli dan berperan aktif terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan cagar budaya ini. Dia juga berterima kasih kepada zuriat atau ahli waris yang sudah menjaga Istana Niat Lima Laras dan menyetujui istana kebanggaan Melayu tersebut diusulkan menjadi cagar budaya. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles