20.6 C
New York
Saturday, June 8, 2024

Awal Tahun, Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Diguyur Hujan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) pada awal tahun, Minggu (2/1/22).

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto melalui Prakirawannya Defri Mandoza mengatakan, hujan disertai petir itu itu akan terjadi di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan Lereng Timur Sumatera Utara.

“Hujan diprediksi dapat menyebabkan banjir dan longsor,” ujarnya. Defri mengatakan, pada pagi hari hujan ringan akan terjadi di Medan, Deli Serdang, Langkat, Sergai, Batubara, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapteng, Sibolga, Kepulauan Nias, Taput dan Tapsel.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras Disertai Angin dan Petir di Wilayah Sumut

“Siang hari hujan akan kembali terjadi di Medan, Deli Serdang, Langkat, Sergai, Batubara, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapteng, Sibolga, Kepulauan Nias, Taput dan Tapsel,” katanya.

Untuk sore-malam hari, hujan ringan hingga sedang akan berlanjut di daerah Medan, Deli Serdang, Langkat, Sergai, Batubara, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapteng, Sibolga, Kepulauan Nias, Taput, Tapsel,

“Untuk dinihari hampir seluruh wilayah di Sumut berawan,” ungkapnya. Defri menjelaskan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16,0-32,0⁰ C. Sementara kelembaban udara 60-95% dan angin yang bertiup dari Barat ke Timur Laut berkekuatan 10-30 Km/jam. “Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi di Sumut hari ini,” ucapnya. (ial/hm09)

 

Related Articles

Latest Articles