7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Dorong Produksi dan Ketersediaan, Pj Gubernur Sumut Tanam Cabai di Desa Serdang

Asahan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menanam bibit cabai di lahan pertanian Desa Serdang, Kecamatan Meranti, Kabupaten Asahan pada Selasa (20/2). Dalam acara “Gerakan Sumut Menanam” tersebut, Hassanudin berharap agar produksi dan ketersediaan cabai dapat merata sepanjang tahun.

“Harga cabai ini sensitif, cepat naik dan turun. Apalagi menjelang masuknya bulan suci Ramadhan. Kita berharap ketersediaan cabai di Sumut bisa merata, produksinya cukup,” ujar Pj Gubernur Sumut Hassanudin.

Desa Serdang dipilih sebagai lokasi penanaman sebagai bagian dari rangkaian acara Pra Musrenbang Provinsi Sumut 2025. Hassanudin menyampaikan apresiasi terhadap potensi pertanian di Asahan yang cukup baik dan mengindikasikan perlu terus dikembangkan dan dikelola secara optimal.

“Pemerintah Provinsi Sumut memberikan dukungan dan pendampingan, sehingga kedepannya semakin baik dalam menjaga ketahanan pangan untuk masyarakat Sumut,” tambahnya.

Selain menanam cabai, Pj Gubernur Sumut juga berdialog dengan perwakilan Ketua Kelompok Tani terkait permasalahan ketersediaan pupuk dan cara mendapatkan pupuk subsidi.

Hassanudin menanggapi dengan menjelaskan bahwa pemerintah pusat telah menambah volume pupuk yang disalurkan ke Sumut, dan diharapkan dapat mencukupi kebutuhan petani dengan pengawasan yang baik.
Baca juga:Pj Gubernur Sumut Tanam Cabai dan Serahkan Bantuan ke Petani Karo

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Sumut secara simbolis menyerahkan bibit dan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani, termasuk Combine Harvester, Hand Traktor, Hand Sprayer, benih padi sawah, jagung, bawang merah, dan cabai merah.

Bupati Asahan, Surya, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sumut dalam memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Asahan. Dia menyatakan komitmen Pemda Asahan untuk terus membangun sektor pertanian, mengingat potensi pertanian yang besar di wilayah tersebut.

“Kami berharap kedatangan Bapak Pj Gubernur Sumut memotivasi kami melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pada sektor pertanian, dengan dukungan sarana prasarana pertanian untuk mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Asahan,” pungkasnya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles