23.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Asahan Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Asahan, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Asahan mendapat kado istimewa tepat saat peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kado istimewa itu berupa penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA). Penghargaan diserahkan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan diterima langsung Bupati Asahan Surya, di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubsu di Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/8/22).

“Ini merupakan penghargaan dari pemerintah pusat (Kementerian PPPA) untuk komitmen pemerintah kabupaten, partisipasi masyarakat, dunia usaha dan media dalam pemenuhan hak anak,” ucap Bupati Surya usai menerima penghargaan.

Baca Juga:Tapsel Kembali Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Layak Anak Nasional

Selanjutnya, Surya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPPA yang telah memberikan penghargaan Kategori Pratama kepada Kabupaten Asahan.

“Penghargaan yang kami terima hari ini akan menjadi motivasi untuk meningkatkan kualitas dalam melindung hak anak di Kabupaten Asahan, sehingga kedepannya Kabupaten Asahan dapat meraih Katagori Madya,” ucap Bupati Surya didampingi Ketua TP PKK, Kadis P2KBP3A, Kadis Kominfo, Kadis Lingkungan Hidup Asahan dan beberapa OPD lainnya.

Sebelumnya di awal acara, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta kepada para bupati/wali kota untuk tetap memperhatikan dan memenuhi hak anak. Menurutnya, anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi.

Baca Juga:Pemkab Simalungun Berkomitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak

“Mereka inilah masa depan kita, tanpa mereka negara ini tidak akan pernah ada kader pengganti,” kata Edy kepada bupati dan wali kota yang hadir pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sumut.

Memenuhi hak anak, kata Gubsu, juga harus dengan niat yang tulus, jangan dengan niat kepentingan pribadi. Edy juga menyayangkan masih ada orang tua yang berlaku kasar kepada anaknya.

“Inilah anak-anak ini, harus kita sayangi, walaupun bukan anakku, keturunanku, saya wajib menyayanginya,” kata Edy.

Baru-baru ini, Pemprov Sumut juga menerima penghargaan Anugerah KPAI 2022 lantaran menunjukkan komitmennya dalam perlindungan anak. (hamdan/hm14)

Related Articles

Latest Articles