7.4 C
New York
Thursday, April 25, 2024

Antisipasi Covid-19, Warga BSP Lubuk Pakam Bersihkan Mesjid

Deli Serdang, MISTAR.ID
Warga muslim Perumahan BSP Desa Pasar Melintang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, bergotong-royong membersihkan Mesjid Al Hidayah yang berada di lokasi perumahan tersebut, Minggu (3/1/21).

Gotong-royong dilakukan oleh mayoritas kaum laki-laki bersama pengurus Badan Kemakmuran Maesjid (BKM) Al Hidayah.

“Kita gotong-royong membersihkan mesjid dengan mengepel lantai, mencuci seluruh karpet serta penyemprotan disinfektan. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 ini, membersihkan mesjid dari kotoran juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah,” jelas Ketua BKM Al Hidayah Hendra Sembiring.

Baca Juga:BKM Mesjid Jamik Belawan Kelola Usaha Ayam Potong Berbasis Syariah

Disebutkannya, pahala yang diberikan oleh Allah SWT bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan mesjid juga sangat dahsyat. Di antaranya diampuni dosanya.

“Orang yang menjaga kebersihan mesjid, meskipun hanya dengan membuang kotoran sebesar biji sawi, maka dosanya akan diampuni oleh Allah sebagaimana disebutkan dalam hadis yang ditulis oleh Imam Suyuthi dalam kitab Lubabul,” ungkapnya.

Iapun memastikan, selama pandemi Covid-9, Mesjid Al Hidayah memberlakukan protokol kesehatan setiap melaksanakan ibadah sholat. Sementara, Ketua STM Al Hidayah Syahril Chaniago menuturkan, kegiatan bersih-bersih mesjid yang rutin dilakukan diikuti oleh masyarakat muslim yang berdomisili di komplek perumahan BSP.

Disebutkan Syahril, kegiatan sosial yang dipeloporinya itu memiliki tujuan di antaranya, membuat jemaah kian senang dan tenang beribadah di dalam mesjid.

Baca Juga:H Tukiman Bangun Mesjid Nur Zaujein di Desa Mangkai Baru Batu Bara

“Mereka juga akan menjadi betah berlama-lama di mesjid karena mesjidnya bersih,” kata Syahril Chaniago. Selain itu, toilet dan kamar mandi, sambung Syahril, juga dibersihkan sehingga menghilangkan bau dan sampah yang mengotori.

“Tujuan lain dari bersih-bersih mesjid yang kita laksanakan ialah menyemarakkan kebiasaan gotong-royong. Hal itu juga dapat meningkatkan silaturrahim di tengah masyarakat, khususnya saat proses membersihkan mesjid bersama-sama berlangsung. Ini maknanya membangun persatuan dan kesatuan antara jemaah mesjid serta meningkatkan iman dan takwa tiap warga. Sebab, kebersihan itu sebagian dari iman. Artinya, kegiatan bersih-bersih mesjid dapat pula meningkatkan iman jemaah mesjid,” beber Syahril yang sempat terluka pipi dan bibirnya karena tergelincir saat melaksanakan gotong royong.(sembiring/hm10)

Related Articles

Latest Articles