10.2 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Antisipasi Covid-19, Wali Kota Tinjau Pelabuhan Teluk Nibung

Tanjungbalai, MISTAR.ID

Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial, Selasa (17/3/20) didampingi Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai Yusmada, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, Kepala Pelabuhan Pelindo Tanjungbalai Aulia Rahman dan beberapa Kepala OPD memantau secara langsung kesiapan pemeriksaan kesehatan di terminal penumpang Teluk Nibung.

Wali Kota mengingatkan kewaspada harus tetap dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Disebutkan, Pemko Tanjungbalai telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi virus korona, dengan memperketat penjagaan di pelabuhan hingga pemasangan alat pendeteksi peningkatan suhu tubuh (thermal scanner) di area kedatangan.

“Siapapun dari luar yang datang ke Kota Tanjungbalai melalui jalur transportasi laut (kapal), harus dilakukan pemerikasaan menggunakan thermal scanner,” jelas Wali Kota.

Wali Kota Tanjungbalai beserta rombongan disambut oleh Kepala Pelabuhan Teluk Nibung dan selanjutnya meninjau kesiapan pelabuhan dan menjelaskan fasiltas peralatan serta kelengkapan yang sudah tersedia di Pelabuhan diantaranya pemeriksa suhu tubuh (Thermal Scanner), 1 unit ambulance dan 1 ruangan isolasi.

Pada saat bersamaan, Wali Kota juga melihat langsung standar pemeriksaan yang dilakukan kepada para penumpang Kapal KM Ocean Star yang baru tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai dari Pelabuhan Port Klang Malaysia pada pukul 17.00 Wib.

Manifest kapal itu mencatat 140 p[enumpang dan semuanya Warga Negara Indonesia. Mereka terlihat langsung melakukan proses mencuci tangan menggunakan hand sanitizer, menjalani proses pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mengetahui apakah ada penumpang yang terpapar Covis-19.

Terdapat empat orang yang dikategorikan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan kemudian dilakukan pemeriksaan di ruang isolasi oleh Kepala Dinas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungbalai, dr Lisdawati. Hasil pemeriksaan keempat ODP dinyatakan negatif.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kota Tanjungbalai, waspada penting tapi jangan menjadi keresahan kita. Pemerintah Kota Tanjungbalai selalu mengantisipasi dan merespon terkait hal ini,” imbau Wali Kota.

Reporter: Saufi
Editor: Mahadi

Related Articles

Latest Articles