24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Aktifitas Penggarapan Marak Di HGU PTPN3, APK Kebun Silau Dunia Akan Buat Laporan Ke Polres

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Merespon maraknya aksi penggarapan di Hak Guna Usaha (HGU) milik PTPN3 Kebun Silau Dunia, Asisten Personalia Kebun (APK) PTPN3 Kebun Silau Dunia, Andi Silalahi, akan membuat Laporan Ke Polres Simalungu dan Sergei.

“Kita akan buat laporan , Afdiling 1,2,3,4 itu wilayah hukum Polres Simalungun, utuk 5,6,7 wilayah Polres Sergei,” Ungkap Andi Silalahi saat bincang-bincang dengan bersama Mistar.id, Kamis (2/2/23) Pagi, di Kantor Kebun PTPN3 Silau Dunia, Berlokasi Di Desa Silau Dunia, Kecamatan Dolok Kahean, Kabupaten Simalungun.

Terkait aktifitas penggarapan di PTPN3 Kebun Silau Dunia, “Itu sudah jadi rahasia umum pencurian penggarapan,” ucap Andi.

Dijelaskan Andi,  dari 7 Afdeling yang ada PTPN3 Kebun Silau Dunia Apk menyebutkan,”yang bebas penggarapan berada di Areal Afdeling 1,” Sebutnya.

Baca juga:Security PTPN III dan Penggarap Bentrok: Satpam Disiram Bensin, Sejumlah Warga Terluka

Dia mengaku PTPN3 Kebun Silau Dunia telah melakukan upaya-upaya untuk pencegahan aktifitas penggarapan,” kita sudah melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat,” cetusnya.

Sebelumnya Andi, mengatakan, “Bagi aku apakah itu garapan, apakah itu tidak garapan, atau pengelolahan areal itu ada ditangan pihak ketiga (Masyarakat) kelompok tani atau individu-individu, lahan itu adalah lahan milik PTPN3,” tegas APK.

Menurutnya Andi, Pemberian Hak terhadap lahan itu adalah Sertifikat Hak Guna Usaha, PTPN3 diberikan kewenangan berdasarkan HGU tersebut untuk melakukan pengelolahan lahan, lahan milik PTPN3 dengan jangka waktu tertentu selama 25 Tahun.

Baca juga:Sidang Lanjutan Konflik Tanah di Kota Galuh Perbaungan Hadirkan 3 Saksi

“PTPN3 sebagai perusahaan negara mempunyai amanat pasal 33, bumi air udara yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat,” tutup Andi Silalahi.(nazli/hm06)

 

Previous article
Next article

Related Articles

Latest Articles