14.3 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

42 Kasus Covid-19 Bertambah di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kembali meningkat. Berdasarkan data milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (28/1/22), dalam sehari ini, Sumut memperoleh penambahan 42 kasus baru konfirmasi positif.

Atas penambahan itu, maka total kasus Covid-19 di Sumut naik menjadi 106.333 kasus. Namun untuk kasus kesembuhan hanya didapatkan sebanyak enam kasus baru, sehingga totalnya menjadi 103.241 orang.

Sedangkan untuk kasus kematian, juga didapatkan penambahan satu kasus menjadi 2.900 orang. Oleh karena itu, melalui data tersebut, maka saat ini kasus aktif Covid-19 Sumut juga mengalami kenaikan dibandingkan akhir tahun lalu, yakni 192 orang.

Baca Juga:Dinkes Medan Terus Pantau Warga Johor Pasien Covid-19

Sementara itu untuk di Kota Medan, berdasarkan data yang disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kasus aktif atau jumlah pasien Covid-19 nya yang menjalani perawatan mencapai sebanyak 119 orang. Pada hari ini, bahkan didapatkan penambahan 30 kasus positif baru, sehingga totalnya menjadi 48.243 orang.

Kemudian untuk kasus sembuh, diperoleh penambahan sebanyak enam orang menjadi 47.196. Namun untuk kasus kematian tetap bertahan di angka 919 orang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Medan dr Taufik Ririansyah mengakui jika kasus baru Covid-19 kembali meningkat di Kota Medan dalam beberapa hari belakangan. Bahkan, Isolasi Terpusat (Isoter) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) yang sempat kosong, kini telah kembali diaktifkan untuk diisi pasien. “Betul, naik ini (kasus Covid-19). Kemungkinan, setelah libur panjang Nataru,” ungkapnya kepada wartawan.

Baca Juga:9 Warga Siantar Terpapar Covid-19, Kasus Omicron Masih Nihil

Taufik menyebutkan, jumlah pasien positif corona yang dirawat hingga Rabu (27/1/22) mencapai 79 orang. Para pasien ada yang dirawat di rumah sakit, isolasi mandiri dan juga isolasi terpusat.

“Kenaikan kasus baru tersebut mulai awal Januari sampai sekarang. Misalnya, pada Selasa (25/1/22) ada 16 kasus (positif corona). Kemudian, pada Rabu (26/1/22) naik menjadi 23 kasus dan Kamis (27/1/22) 16 kasus. Jadi, penambahan kasus baru per hari tersebut bisa dibilang lumayan lah, cukup tinggi,” sebutnya.

Namun demikian, Taufik mengaku, sebagian pasien sudah ada yang sembuh. Akan tetapi, tidak disebutkan secara detail berapa banyak. “Ada beberapa pasien di antaranya sudah sembuh, dan hasil swab test negatif Covid-19,” akunya.

Baca Juga:106 Wilayah Zona Hijau Covid-19 di Indonesia, dari Sumut 12 Daerah

Taufik juga membeberkan, saat ini ada tujuh pasien positif corona tengah menjalani karantina di Isolasi Terpusat P4TK Medan. Namun dia menyebutkan, pasien yang dirawat rata-rata dengan gejala ringan. “Mereka semua merupakan warga Medan,” katanya.

Terkait dua warga Medan Johor yang diduga tertular varian baru Omicron, Taufik belum bisa memastikan. Sebab, untuk memastikannya harus melalui pemeriksaan sampel di laboratorium Litbangkes Kemenkes Jakarta. “Kita masih menunggu hasil pemeriksaan sampel swab dua pasien tersebut,” kata dia.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles