17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Purnawirawan TNI-Polri Berpeluang Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

Jakarta, MISTAR.ID

PDI Perjuangan telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) pada bulan April 2023 lalu.

Hingga saat ini belum ada kepastian siapa mendampingi Gubernur Jawa Tengah itu di Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

“Semua sumber bisa kita ambil dan diskusikan. Siapa pun tokohnya cukup banyak,” ujar Ganjar, usai menghadiri peresmian relawan Gapura Nusantara di Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/23).

Baca juga: Ganjar Pranowo Pede Menang Satu Putaran

Kelompok relawan Gapura Nusantara ini terdiri dari berbagai kalangan, termasuk purnawirawan TNI-Polri. Ganjar membuka peluang calon wakilnya dari kalangan mana saja, termasuk purnawirawan TNI-Polri.

Ganjar juga membeberkan keterlibatan dirinya mencari Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres). Dia mengatakan, pihaknya masih fokus menjajaki kerja sama antar partai. Jika tahap ini sudah rampung, menurut Ganjar, bisa dimulai pembahasan Cawapres yang sudah disiapkan.

Sejauh ini, Ganjar telah mengantongi dukungan dari 4 partai politik (parpol). Yakni, PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) selaku partai parlemen, serta Partai Hanura dan Perindo yang merupakan partai non parlemen.

Baca juga: Intip Daftar Nama Cawapres Ganjar Pranowo

Ganjar dan Jokowi merupakan sama-sama kader PDI Perjuangan. Tahun 2014 dan 2019 lalu, PDI Perjuangan mengusung Jokowi sebagai Calon Presiden (Capres).

Meskipun sebagai kader PDI Perjuangan, namun Jokowi sering kali disebut-sebut mengarahkan dukungan ke Bacapres lain yakni, Prabowo Subianto, dimana menjadi anggota kabinet Jokowi sebagai Menteri Pertahanan. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles