14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

PKS Sebut 2 Nama Ini Layak Sesuai Kriteria Pendamping Anies

Jakarta, MISTAR.ID

Bakal Calon Presiden (Bacapres), Anies Baswedan didukung untuk menetapkan kriteria baru bagi calon pendampingnya, yaitu tidak bermasalah dan berani.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera mendukung langkah mantan Gubernur DKI itu, serta menilai kriteria dimaksud ada pada Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan eks Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres).

“Keduanya berprestasi dan masuk syarat sesuai kriteria,” ucap Mardani, pada Jumat (21/7/23).

Baca juga: AHY Katakan Penentuan Pendamping Anies telah Selesai

Anggota DPR RI ini berpendapat, kriteria terbaru dimaksud wajib menjadi catatan besar. Pasalnya, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) berkeinginan ada perubahan yang lebih baik bagi Indonesia, sehingga Bacapres dan Bacawapres tidak dibebani masa lalu.

“Gak ada kesempatan dikriminalisasi. Itu menjadi pondasi kuat dalam membangun Indonesia yang bersih dan berani memberantas korupsi,” paparnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan, kriteria khusus agar figur yang mendampinginya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 wajib tidak bermasalah dan berani.

Baca juga: Pendamping Anies Belum Diumumkan Disebut Bagian dari Strategi

Dikatakan Anies, itu di luar 5 kriteria yang telah diutarakan sebelumnya oleh dirinya bersama KPP. Menurut Anies, kriteria itu mungkin paling susah di antara syarat-syarat lain.

“Sosok Bacawapres tak mempunyai masalah itu sangat penting. Seseorang bakal gampang tersandung dalam karir politik jika bermasalah di masa lalu,” paparnya.

Sedangkan 5 kriteria lainnya dijelaskan Anies yakni, bisa membantu pemenangan, membuat koalisi semakin solid, membantu pemerintahan, mempunyai visi misi yang serupa dan chemistry (ikatan). (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles