15 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Penjaringan Caleg Selesai, PDI-P Sumut Serahkan Nama-nama ke Pusat

Medan, MISTAR.ID

Wakil Ketua DPD PDI-P Sumatera Utara Aswan Jaya memastikan proses penjaringan calon legislatif (caleg) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sudah selesai.

“Untuk tahap penjaringan dan penyaringan sudah selesai. Pada tanggal 27 dan 28 Februari kemarin kita juga sudah melakukan finalisasi calon sementara,” ujar Aswan ditemui di ruang Fraksi, Rabu (1/3/23).

Aswan mengatakan, nama-nama yang akan bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 mendatang juga sudah diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Baca juga:Siap Nyapres, Ganjar Dapat Teguran Lisan dari DPP PDI Perjuangan

“Untuk selanjutnya akan dipelajari oleh teman-teman di pusat, lalu kita ada perbaikan kita akan melakukan revisi,” ucapnya.

Aswan mengatakan, untuk 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut nama-namanya sudah fix 100%. Mayoritas orang-orang yang masuk dalam pencalegan merupakan kader, sisanya dijaring dari masyarakat biasa.

“Kuotanya itu 30 persen, 70 persen dari kader partai,” katanya.

Aswan menjelaskan, penjaringan yang dilakukan di luar kader partai tidak memilik syarat khusus. Hanya saja, kata dia, harus punya visi misi memenangkan partai dan punya garis ideologi yang sama dengan partai.

“Termasuk memiliki kemampuan di bidang ketokohan. Memilik pemahaman kebangsaan yang sama, memilik komitmen yang sama untuk 4 pilar kebangsaan dan tunduk dengan berbagai keputusan partai,” ucapnya.

Baca juga:Tunggu Surat dari DPP, PAN Siantar Belum Buka Penjaringan Balon Wawako

Aswan menyebutkan, untuk tiga kontestasi (DPR RI, DPRD Sumut, DPRD Kabupaten/Kota), PDI-P Sumut secara garis besar menargetkan meraih 35 persen dari seluruh kursi yang akan diperebutkan.

“Kalau DPR RI targetnya 250 kursi, DPRD Sumut 35 kursi dan Kabupaten/Kota sebanyak 400 kursi. Orang-orang yang kita pilih ini telah menjalani proses penjaringan yang ketat, interview dan mengikuti psikotes,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles