5.9 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Pemilu Damai 2024, Pj Gubernur Sumut dan Ketua Bawaslu Bersatu Teken Kesepakatan

Medan, MISTAR.ID

Dalam Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut M Aswin Diapari Lubis menandatangani kesepakatan untuk menjalankan Pemilu Damai 2024. Acara ini berlangsung di Lapangan Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso, Medan, pada Rabu (29/11/2023).

Hassanudin menyampaikan, kesepakatan ini adalah upaya pencegahan guna menjamin pemilu 2024 berjalan dengan damai.

“Tentunya ini merupakan upaya-upaya kita dalam melaksanakan pencegahan, mengajak masyarakat untuk menyukseskan rangkaian pesta demokrasi dengan damai, yang merupakan kebahagiaan kita semua,” kata Hassanudin.

Baca juga: Deklarasi Pemilu Damai di Langkat, Tokoh Etnis: Tidak Ditunggangi Politik Identitas dan Hindari Politik Uang

Pj Gubernur menekankan, ASN wajib bersikap netral. Ia mengingatkan semua ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis. “Tahun depan merupakan tahun pesta demokrasi, tugas ASN semata melayani rakyat,” imbuhnya.

Hassanudin juga mengingatkan, setiap kegiatan yang melibatkan ASN pasti memiliki sanksi sesuai regulasi dan komitmen yang telah ditetapkan. Hingga saat ini, belum ditemukan pelanggaran yang dilakukan ASN terkait Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis, menambahkan, Bawaslu telah memerintahkan jajarannya di 33 kabupaten/kota untuk mengawasi seluruh pelaksanaan kampanye.

Baca juga: Sultan Deli Dukung Pemilu Damai yang Digaungkan Polda Sumut

“APK harus sesuai dengan regulasi yang diatur oleh peraturan KPU dan Bawaslu. Jika ada APK yang di luar ketentuan, akan ditindak oleh Bawaslu di seluruh kabupaten/kota,” ucapnya.

Ardan Noor, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumut menambahkan, apel siaga pengawasan kampanye adalah momen penting dan bentuk kesiapan semua pihak untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai, jujur, dan adil.

“Semua yang hadir memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengawasi setiap tahapan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 agar berjalan dengan baik,” pungkasnya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles