27.6 C
New York
Friday, July 5, 2024

Partisipasi Pemilu di Sumut Rendah, GMKI Minta KPU Sumut Tingkatkan Sosialisasi

Dimana pada pemilihan DPD (Dewan Perwakilan Daerah) tingkat pemilih 77,93% dan pemilihan Presiden-Wapres 78,03% sedangkan pada pemilihan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Sumut nomor 2 paling rendah setelah DKI Jakarta dengan 77,85%.

Mahasiswa yang sedang menempuh Studi Magister Pendidikan di Universitas HKBP Nommensen itu menyuarakan harapannya agar KPU Sumatera Utara memperluas upaya sosialisasi dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Dengan langkah konkret ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran warga akan peran pentingnya dalam menentukan masa depan bangsa melalui pemilihan umum.

Baca juga : GMKI Minta KPU dan Bawaslu Pastikan Warga Binaan Peroleh Hak Politik

“KPU Sumatera Utara perlu mengambil mengupgrade langkah sosialisasi pemilu kepada masyarakat. Upaya penyuluhan perlu diperbaharui agar pemilih memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya hak suara mereka,” tegas Hizkia.

Selain itu, Hizkia mengingatkan keterlibatan aktif masyarakat dalam pemilu adalah kunci utama bagi keberhasilan demokrasi.

Baca juga : Rakor, KPU Sumut Sosialisasikan Metode Kampanye Pemilu 2024

KPU Sumut, sambungnya, diharapkan dapat menggandeng berbagai pihak, termasuk organisasi mahasiswa dan masyarakat sipil, untuk merancang strategi yang lebih efektif guna meningkatkan partisipasi pemilih di Sumut.

“Rendahnya partisipasi pemilu di Sumatera Utara menjadi sebuah tantangan yang perlu diatasi bersama untuk memperkuat fondasi demokrasi,” pungkas Hizkia. (yetty/ril/hm18)

Related Articles

Latest Articles