12.8 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Libatkan PT, Bawaslu Tanjung Balai Wujudkan Pemilihan Berintegritas dan Tekankan Pengawasan

Sepaham dengan apa yang disampaikan Korodiv HPPH Bawaslu Tanjung Balai, Yan Aswika Marpaung dalam materinya juga menyampaikan betapa pentingnya peran aktif serta partisipasi Mahasiswa/i dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada sehingga mampu mewujudkan Pemilihan Serentak yang jujur, adil dan berintegritas.

“Dalam tatanan politik, idealisme mahasiswa sangat diharapkan turut  berperan baik sebagai penyelenggara atau setidaknya aktif mengawasi pelaksanaan Pilkada 2024 agar terhindar dari praktik kecurangan di setiap tahapan,” kata Yan Aswika.

Komisioner KPU Tanjung Balai periode 2018-2023, M Guntur Sitorus berharap agar peserta sosialisasi yang notabenenya adalah Mahasiswa/i setempat untuk lebih aktif dalam memastikan proses tahapan Pemilu berjalan lancar dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan non-partisan.

Baca juga : Bawaslu Tanjung Balai Buka Seleksi Pengawas TPS Pemilu 2024

“Jadi ini merupakan momentum dalam menentukan kualitas siapa yang akan menjadi pemimpin kita, maka ambil peran aktif sebagai pengawas partisipatif dalam perhelatan ini untuk mencerdaskan masyarakat dimana adik adik tinggal,” harap M Guntur Sitorus.

Pantauan, giat yang dilaksanakan Bawaslu tersebut melibatkan Mahasiswa/i dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Kota Kerang Tanjung Balai yakni STAI Al-Hikmah, STAI Nurul Ilmi, STIKES Sakinah Husada dan Politeknik Tanjung Balai. (saufi/hm18)

Related Articles

Latest Articles