24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Begini Gaya Bicara Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto di Rakernas Apeksi

Makassar, MISTAR.ID

Tiga bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto ikut serta dalam Rapat Kerja Nasional XVI Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/23).

Ketiga bacapres tersebut berkesempatan untuk menyampaikan pandangan dan visi Indonesia ke depan jika akan menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Saat itu, Anies, Ganjar, dan Prabowo memaparkan berbagai persoalan terkait keberlangsungan IKN, korupsi hingga pembangunan infrastruktur.

Mereka tidak hanya memaparkan tetapi juga mengadakan sesi tanya jawab dengan para peserta yaitu para walikota dari seluruh Indonesia.

Baca juga : PDI Perjuangan Optimis Janji Jokowi Dukung Ganjar, Pengamat Nilai Prabowo Berkompeten

Yang menonjol pada acara tersebut adalah perbedaan gaya dari ketiga pidato tersebut. Masing-masing bacapres tampak memiliki daya tarik tersendiri dalam presentasinya.

Apa saja perbedaan gaya Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di hadapan peserta Rakernas Apeksi? Begini Uraiannya.

Ganjar Pranowo

Dalam Rakernas Apeksi XVI, Ganjar Pranowo tampil sebagai pembicara pertama yang diberi waktu untuk berbicara.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah itu menyampaikan berbagai topik seperti korupsi, lingkungan hidup dan birokrasi administrasi.

Baca juga : NasDem Serahkan pada Anies Pilih Pendampingnya di Pilpres 2024

Politisi PDI Perjuangan itu terlihat santai dan luwes sambil terus unjuk gigi. Dia sering tersenyum kepada para peserta Rakernas.

Ganjar juga tampak berinteraksi dengan para peserta, seperti menunjuk-nunjuk salah satu peserta dan sesekali tertawa saat mendiskusikan penampilan mereka.

Anies Baswedan

Setelah Ganjar, giliran Anies Baswedan yang naik panggung di acara Rakernas Apeksi XVI di Makassar, Sulawesi Selatan.

Seperti Ganjar, Anies tampil santai saat tampil. Dia juga aktif bergerak di atas panggung dan terkadang tersenyum, terutama ketika berbicara tentang tata ruang kota.

Baca juga : Sepulang Ibadah Haji, Anies Baswedan Bakal Mengumumkan Nama Cawapres

Dalam paparannya, Anies juga menyinggung soal pendidikan, lingkungan dan hiruk pikuk serta perilaku masyarakat DKI Jakarta.

Prabowo Subianto

Giliran Prabowo Subianto yang naik panggung. Ia menjadi pembicara terakhir dalam acara tersebut.

Berbeda dengan dua pembicara sebelumnya yang terlihat santai dan luwes, Prabowo tampak kaku dan hanya berdiri di podium dan dengan tegas menjelaskan paparannya.

Baca juga : Pertemuan Airlangga dan Prabowo Bicarakan Politik Praktis  

Meski diminta membahas masalah perkotaan, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu justru membahas masalah pertahanan dan hilirisasi.

Dalam pidatonya, Prabowo berkali-kali memuji Presiden Joko Widodo yang dinilai sukses dalam menjalankan misinya. (suara/hm18)

Related Articles

Latest Articles