14.7 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

AHY Katakan Penentuan Pendamping Anies telah Selesai

Jakarta, MISTAR.ID

Hingga saat ini Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat belum memutuskan siapa Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) yang akan diusung mendampingi Anies Baswedan.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, penentuan pendampingi Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan TERSEBUT sudah selesai.

“Koalisi sudah final menyerahkan masalah itu pada Anies. Itu tertuang dalam piagam Koalisi Perubahan dan sudah final,” sebutnya, ketika saat hadir dalam Fisipol Leadership Forum di UGM Yogyakarta, pada Kamis (20/7/23).

Baca juga: Pendamping Anies Belum Diumumkan Disebut Bagian dari Strategi

Dikatakan, ketiga partai telah meneken piagam kesepakatan. Salah satu pasal yang utama, yakni menyerahkan kepada Anies dalam menentukan sendiri pendampingnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Lanjut AHY, ada beberapa kualifikasi yang harus dipenuhi untuk mendampingi Anies. Kriteria yang dianggap bisa membawa peluang kemenangan lebih tinggi pada Pilpres 2024.

“Ketiga partai hanya menunggu waktu dan momentum yang pas pada saatnya akan diumumkan oleh Bacapres kita,” paparnya.

Baca juga: Apel Siaga Perubahan, Kader NasDem: Anies Pimpinan yang Ideal

Sebelumnya, AHY digadang-gadang sebagai salah satu kandidat mendampingi mantan Gubernur DKI itu pada Pilpres 2024.

Selain itu, ada beberapa nama lainnya sempat muncul seperti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, eks Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan putri Presiden Indonesia ke 4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid. (tmp/hm16)

Related Articles

Latest Articles