16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Ada 26.089 Penyandang Disabiltas di DPT Sumut pada Pemilu 2024

Medan, MISTAR.ID

Provinsi Sumatera Utara menargetkan 75% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) memberikan suara pada Pemilu 2024. Partisipasi pemilih yang ditargetkan melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk penyandang disabilitas.

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Sumut, Frendianus Joni Rahmat Zebua mengatakan, KPU Sumut menargetkan 75% partisipasi pemilih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Target partisipasi masyarakat dalam datang memilih dan mencoblos di TPS nantinya mencapai 75%,” kata Frendianus.

Ia mengungkapkan, ada sebanyak 26.089 penyandang disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Provinsi Sumatera Utara. Angka ini terdiri dari beragam kategori penyandang disabilitas.

Baca Juga: KPU Sumut Tak Fasilitasi Penyandang Disabilitas di Pemilu Legislatif 2024, Pengamat: Itu Pelanggaran

“Mencapai 26 ribu jumlah penyandang disabilitas Sumatera Utara, dikategorikan dalam beberapa penyandang disabilitas,” tambahnya.

Frendi merincikan, dari jumlah tersebut, mayoritas penyandang disabilitas adalah kelompok dengan disabilitas fisik, mencapai angka sekitar 14.984 orang.

Sementara itu, terdapat pula 1.881 individu dengan disabilitas intelektual.

Disabilitas mental juga menjadi perhatian serius dengan jumlah mencapai 8.808 individu. Sekitar 4.955 orang terdaftar sebagai penyandang disabilitas sensorik wicara.

Selain itu, 1.037 individu dengan disabilitas sensorik rungu juga terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Dan terakhir, ada 3.232 individu dengan disabilitas sensorik netral.

Baca Juga: Soal Tenaga Ahli DPRD Masuk DCT, Ini Penjelasan Bawaslu Siantar

Frendianus menyoroti urgensi dari aspek inklusi dalam proses demokrasi.

Memberikan perhatian pada kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas bukan hanya tanggung jawab moral, tetapi juga esensi dalam membangun masyarakat yang berkeadilan dan inklusif

“Perlunya nanti KPU Sumut memberikan aksesibilitas informasi dan lingkungan yang ramah disabilitas menjadi kunci bagi mereka untuk terlibat dengan sepenuhnya,” pungkasnya. (Khairul/hm22)

Related Articles

Latest Articles