21.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Terjaring OTT KPK, Kekayaan Wali Kota Bekasi Capai Rp6,3 Miliar

Jakarta, MISTAR.ID

Lagi-lagi kepala daerah terlibat dugaan korupsi. Kali ini, Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (RE) alias Bang Pepen.

Politikus Golkar tersebut diamankan bersama sejumlah pihak yang dikabarkan salah satunya adalah seorang pengusaha. Selain itu, tim juga mengamankan sejumlah uang yang masih dalam perhitungan. Diduga, uang tersebut berkaitan dengan praktek suap-menyuap.

Berdasarkan hasil penelusuran dari laman elhkpn.kpk.go.id, Rahmat Effendi mempunyai total harta kekayaan sebesar Rp6.383.717.647 (Rp6,3 miliar). Laporan harta kekayaan itu, disetorkan Rahmat Effendi pada 18 Februari 2021 untuk periodik 2020. Dari laporannya tersebut, mayoritas harta kekayaan Rahmat Effendi berbentuk tanah. Rahmat Effendi tercatat memiliki 39 bidang tanah yang tersebar di Kabupaten dan Kota Bekasi serta seunit di Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:Bupati Probolinggo Terjaring Operasi Tangkap Tangan KPK

Tanah yang dilaporkan merupakan hail sendiri tersebut, jika ditotal keseluruhan senilai Rp6.346.002.000 (Rp6,3 miliar). Rahmat Effendi juga tercatat memiliki harta kekayaan lainnya yang bergerak senilai Rp170 juta. Sayangnya, dia tak merinci harta bergeraknya tersebut. Tak hanya itu, pemilik nama panggilan Bang Pepen ini juga mempunyai kas atau setara kas senilai Rp610 juta.

Kendati demikian, Bang Pepen ternyata juga dilaporkan memiliki utang mencapai Rp1,5 miliar. Sehingga, jika dikalkulasikan secara keseluruhan, harta kekayaan Rahmat Effendi berjumlah Rp6.383.717.647 (Rp6,3 miliar).

Masih Dilakukan Pemeriksaan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengungkapkan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi alias Bang Pepen saat ini tengah menjalani pemeriksaan. Selain Pepen beberapa pihak yang diamankan saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) juga turut diperiksa.

Baca Juga:Terkait OTT Bupati Nganjuk, 10 Orang Ditangkap KPK

Firli tidak merinci Pepen dan beberapa pihak tersebut diperiksa di mana. Namun, Pepen dan orang yang diamankan tersebut masih mintai keterangan terkait OTT tersebut. “Wali Kota Bekasi dan beberapa orang yang terkait sedang dilakukan pemeriksaan,” ujar Firli kepada wartawan, Rabu (5/1/22).(sindo/hm12)

Related Articles

Latest Articles