15.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Siap siap, Sejumlah Tol akan Digunakan Saat Libur Nataru

Jakarta, MISTAR.ID
Sejumlah jalan Tol yang saat ini dalam proses pembanguan akan digunakan pada saat Libur Natal dan Tahun Baru.

Salah satunya Tol Jakarta – Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Sadang – Kutanegara).

Tol ini  bakal dioperasikan secara fungsional pada saat libur Natal dan Tahun baru. Rencananya pembukaan ruas tol ini ketika arus kembali ke arah Jakarta mulai ramai.

Nantinya tol ini akan menjadi jalur alternatif dari arah Bandung menuju Jakarta. Pengendara bisa memasuki tol ini dari arah tol Cipularang masuk via gerbang tol KM 76 di Sadang, lalu keluar jalan arteri hingga nanti kembali masuk tol Jakarta – Cikampek eksisting di KM 47 Karawang Barat.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, mengatakan, pengoperasian secara fungsional ini merupakan salah satu rekayasa lalu lintas untuk arus balik dari Bandung menuju Jakarta. Dibukanya jalur ini juga masih situasional tergantung dari diskresi kepolisian.

“Itu diprediksi ketika arus balik sekitar 30 Desember, tapi waktu pastinya gak bisa disampaikan karena sifatnya masih diskresi dari Kepolisian tapi kami siapkan semua supaya bisa dilalui,” kata Lisye saat ditemui di, Kantor Jasamarga Tollroad Command Center, di Jakarta, Kamis (15/12/22).

Sementara Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan, Charles Lendra, mengatakan sifat pengoperasian Japek II Selatan ini masih situasional, tergantung dari kondisi kepadatan di Kapek eksisting dan gerbang tol Kalihurip.

“Ini ada skenario ketika panjang antrian lebih dari kilometer itu akan dialihkan ke Japek Selatan,” kata Charles.

Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro mengatakan, berdasarkan analisa yang dibuat pengoperasian fungsional Japek II Selatan ini untuk membantu mengurai kepadatan di Simpang Susun Dawuan atau KM 66.

Jasa Marga juga sudah memasang sensor volume lalu lintas untuk menganalisa kapan bisa rekayasa lalu lintas bisa dilakukan baik contra flow maupun pembukaan Japek II Selatan.

Dia juga mengingatkan pembukaan jalur ini juga hanya dikhususkan untuk kendaraan kecil dan masih belum berbayar.

“Tanpa tarif tapi pengguna jalan tetap harus membayar transaksi tol di Cipularang yang di Gerbang Tol Kutanegara. jadi Japek Selatan gratis tapi yang lewat Cipularang harus bayar,” kata Yoga dalam kesempatan yang sama. (cnbc/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles