12.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Pembangunan Gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara di IKN Habiskan Anggaran Rp1,34 Triliun

Kaltim, MISTAR.ID

Pembangunan Gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) menghabiskan anggaran sebesar Rp1,34 triliun. Saat ini, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, progres pembangunan proyek tersebut telah mencapai 27,5 persen.

“Saya meninjau perkembangan Proyek Pembangunan Gedung Istana Negara beserta Lapangan Upacara dengan anggaran sebesar Rp1,34 Triliun. Pembangunan sudah mencapai 27,5 persen,” tulis Sri Mulyani di laman Instagramnya, Sabtu (23/9/23).

Selain mengungkapkan dana pembangunan Gedung Istana Negara, Sri Mulyani memastikan secara keseluruhan pembangunan IKN telah selesai 38 persen.

Baca juga: Jokowi Sampaikan Dunia Usaha Ikut Masuk Membangun IKN Nusantara

“Ketika saya terakhir kali mengunjungi IKN, lokasi Titik Nol masih berupa tonggak semen biasa. Kemajuan ini sangat mengesankan, mengingat tantangan alam yang sulit dan kecepatan pelaksanaan yang luar biasa,” katanya lagi.

Sri Mulyani memberikan penghargaan kepada tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah bekerja dengan cepat dalam memajukan proyek pemindahan ibu kota negara.

“Sungguh mengagumkan komitmen dan dedikasi tim PUPR. You are simply the best!”

Sri Mulyani berkunjung bersama Presiden Joko Widodo yang juga meletakkan batu pertama untuk Istana Garuda.

Baca juga: Hari Kedua Kunker di IKN, Berikut Sejumlah Agenda Jokowi

Jokowi menargetkan penyelesaian pembangunan Istana Garuda pada Maret 2024. Dia juga menjelaskan bahwa bangunan kantor presiden di IKN memiliki desain berbentuk burung garuda dengan 4.650 bilah baja yang menggambarkan sayapnya. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles