24.1 C
New York
Sunday, August 18, 2024

Pekan Depan, Ribuan Karyawan Ponsel Akan Mogok Kerja

Serikat pekerja pun menuduh perusahaan gagal mewujudkan tuntutan itu dalam negosiasi yang dilaksanakan pada Selasa (28/5/24). Menanggapi tuduhan tersebut, Samsung pun menyatakan bahwa perusahaan akan bersikap tulus dalam berdiskusi dengan serikat pekerja.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa tuntutan para pekerja terjadi ketika perusahaan sedang menghadapi ‘krisis’ di industri chip. Kendati demikian, Preisden NSEU Son Woo-mok, menilai bahwa perusahaan tidak boleh terus-terus menggunakan alasan krisis untuk menolak tuntutan para pekerja.

“Perusahaan telah mengatakan bahwa mereka sedang menghadapi krisis selama 10 tahun terakhir,” kata Son Woo-mok.

Baca juga : Seribuan Karyawan New York Times Menentang Desakan Kembali ke Kantor

Dia pun mengatakan semua lokasi perusahaan di Korea Selatan akan terkena dampak tindakan mereka pada 7 Juni. NSEU adalah serikat pekerja terbesar dari lima serikat pekerja di raksasa teknologi Korea Selatan.

Para analis pun mengatakan peningkatan keanggotaan serikat pekerja mencerminkan rasa frustrasi para pekerja terhadap kemerosotan daya saing Samsung baru-baru ini dalam bisnis seperti chip memori bandwidth tinggi (HBM) dan masalah hukum yang dihadapi raksasa teknologi tersebut.

Selain itu, perusahaan diketahui sedang berjuang melawan tuntutan banding atas keputusan yang menyatakan pimpinan Samsung Electronics Jay Y. Lee tidak bersalah atas penipuan dan tuduhan lain terkait merger perusahaan Samsung pada 2015. Tapi gara-gara kabar demonstrasi, saham Samsung Electronics turun 3,1 persen. (dtk/hm18)

Related Articles

Latest Articles