20.5 C
New York
Sunday, June 9, 2024

Mudik Dilarang, 175 Ribu Personel TNI-Polri Jaga 34 Perbatasan Provinsi

Jakarta, MISTAR.ID

Sekitar 175.000 personel yang terdiri dari TNI-Polri, Dinas Pehubungan, Dinas Kesehatan, Satpol-PP dan stakeholder terkait di seluruh Indonesia, dilibatkan dalam Operasi Ketupat 2020.

Operasi ini lebih awal digelar menyusul kebijakan pemerintah yang melarang warga untuk mudik Lebaran. Nantinya perbatasan wilayah provinsi akan dijaga ketat melalui operasi ketupat.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, Operasi Ketupat akan digelar selama 37 hari sejak 24 April sampai 1 Juni 2020.

“Output yang diharapkan kamtibnas kondusif dalam mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat melaksanakan Idul Fitri dalam rasa aman dan nyaman,” kata Asep di Mabes Polri, Rabu (22/4/20).

Asep menyebut ratusan ribu personel ini akan menjaga seluruh perbatasan di 34 provinsi agar warganya tidak mudik, khususnya di Jakarta sebagai epicentrum virus corona di Tanah Air.

“Untuk itu khusus wilayah DKI telah menyiapkan 19 titik pengamanan penyekatan yang gunanya memfilter dan pengawasan yang hendak keluar Jakarta, dan ada 3 pos pengamanan tersebut yang ada pada Tol Cikampek, Bogor, dan Merak, serta 16 titik arteri non-tol,” ungkapnya.

Pihak kepolisian akan dengan tegas meminta seluruh orang yang tidak berkepentingan untuk putar balik ke rumah masing-masing jika mencoba untuk mudik.

Sumber: Suara.com
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles