16.9 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Mentan Sebut Indonesia Swasembada Pangan Tiga Tahun ke Depan

Menurut Mentan, semua upaya tersebut terbukti mampu meningkatkan produksi secara signifikan sehingga berdasarkan prognosa Badan Pusat Statistik (BPS) maupun Bapanas dalam panen dua bulan kedepan Indonesia akan memiliki surplus sebesar 700 ribu ton.

“Sehingga kekurangan pangan yang biasa dari impor nantinya akan melalui produksi dalam negeri saja. Ini kerja keras kita semua. termasuk wartawan (media), karena sukses itu tidak pernah berdiri sendiri, jadi ada wartawan, Bulog dan Bapanas juga bagian dari kesuksesan pemerintah di sektor pangan,” terangnya.

Mentan menambahkan bahwa sebaran pompa telah mengairi 500 ribu hektare sawah baik yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur maupun luar pulau jawa lainnya.

“Semoga penambahan pompa terus dilakukan melalui usulan pemerintah daerah. Sehingga kalau 500 ribu hektare kita pompa di kali 5 ton saja nggak usah 10 ton, itu hasilnya bisa 5 juta ton dan itu bisa mengurangi impor. Jadi sudah kelihatan efektifitasnya selama pompa kita jalankan produksi meningkat,” tegasnya. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles