19 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Mengenal Sosok Eks Gubernur Jabar yang Tutup Usia Hari Ini

Bandung, MISTAR.ID

Eks Gubernur Jawa Barat (Jabar) dan perwira Kodam III/Siliwangi, Letjen TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara (GP) meninggal dunia, pada Selasa (5/3/24) sekira pukul 03.09 WIB.

Solihin yang karib disapa Mang Ihin itu tutup usia saat dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Advent, Kota Bandung.

Usai disemayamkan di rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung, almarhum dibawa ke Mako II Kodam III/Siliwangi di Jalan Sumbawa No 22 Bandung.

Baca juga:Ketua DPRD Baskami Ginting Tutup Usia, Pj Gubernur Sumut Ucapkan Belasungkawa

Terlihat keluarga besar, sejumlah pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat Provinsi Jabar seperti Gubernur, Sekretaris Daerah (Sekda) hingga warga hadir untuk memberikan penghormatan terakhir pada Solihin.

Turut hadir juga Wakil Presiden ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK), mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023, Mochamad Iriawan dan eks Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

Selepas dari persemayamannya di Makodam III Siliwangi, almarhum dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, yang digelar sekira pukul 13.30 WIB untuk dimakamkan.

Solihin lahir pada 21 Juli 1926 dan adalah mantan perwira TNI yang pernah menjabat Gubernur Jabar tahun 1970-1975.

Baca juga:Senior NU KH Syakur Yasin Tutup Usia

Dirinya memulai karier militernya saat masa revolusi menjadi komandan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) di Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu kiprahnya yang menonjol yakni saat mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Almarhum juga dikenal sebagai sesepuh Jabar dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS).

Related Articles

Latest Articles