9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Mendaftar CPNS 2023 Wajib Swafoto Diri, Bagaimana Aturannya?

Jakarta,MISTAR.ID

Mengunggah swafoto diri alias selfie saat melakukan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2023 wajib dilakukan oleh para pelamar.

Bagaimana aturan foto selfie itu, ini penjelasannya seperti dilansir, pada Selasa (5/9/23) dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.

Wajib dipahami, swafoto diri merupakan salah satu syarat pendaftaran CPNS 2023. Persyaratan itu mulai diterapkan beberapa tahun terakhir ini.

Baca juga: September 2023, Pemko Siantar Buka Pendaftaran Seleksi PPPK Guru dan CPNS

Arahnya untuk menambah indikator verifikasi dan validasi peserta yang mendaftar CPNS di laman resmi SSCASN 2023. Para pelamar wajib mengunggah foto selfie agar memenuhi semua syarat yang berlaku. Apabila tak dilakukan, maka tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran.

Unggah foto selfie merupakan syarat yang wajib dilakukan saat akan mendaftar akun SSCASN di situs sscasn.bkn.go.id maupun daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.

Awalnya, pelamar akan diminta mengisi data diri sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone (HP) aktif, email aktif dan kode captcha.

Selanjutnya mengisi data diri lainnya, termasuk mengunggah foto KTP dan swafoto diri.

Baca juga: BKN Rilis Jadwal Seleksi CPNS 2023, BKPSDM: Tahun Ini Simalungun Hanya PPPK

Berikut aturan foto selfie daftar CPNS tahun ini:

Menunjukkan wajah calon dengan jelas. Lalu foto diambil dalam format portrait dan close up, dengan latar belakang (background) bebas. Berfoto mengenakan pakaian bebas rapi dan ukuran foto maksimal 200 kb dengan format jpg.

Pelamar juga harus mengunggah foto KTP dengan aturan kelihatan jelas dengan ukuran maksimal 200 kb.

Langkah berikutnya, melanjutkan proses pendaftaran akun sampai selesai hingga terverifikasi dan menerima Kartu Informasi Akun Sistem Seleksi Calon ASN.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap Seleksi CPNS dan PPPK Formasi 2023

Apabila akun bisa digunakan untuk daftar SSCASN 2023, berikutnya memilih jenis seleksi, pengisian biodata dan mendaftar formasi yang ditentukan.

Peserta bakal diminta mengunggah foto diri lagi, namun bukan selfie melainkan foto formal dengan menampilkan wajah yang jelas, diambil dalam format portrait dengan latar belakang berwarna merah. Terakhir, berpakaian formal rapi dan ukuran foto maksimal 300 kb dengan format jpg. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles