16.4 C
New York
Monday, September 30, 2024

Menaker Dorong Pengembangan SDM yang Bernilai Ideologi Pancasila

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menjunjung tinggi nilai-nilai ideologi bangsa, Pancasila untuk bersaing secara global,

“Pancasila mendefinisikan jati diri bangsa Indonesia. Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara tetapi juga sebagai ciri khas sumber daya manusia kita” kata Ida Fauziyah, Sabtu (10/6/23) di Universitas Semarang (USM).

Menteri Fauziyah menegaskan, pemerintah memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia dalam program kerjanya untuk membina sumber daya manusia yang memiliki keterampilan tinggi.

Baca juga: Wali Kota Beri Penguatan Ideologi Pancasila Kepada Pelajar SMAN 1 Siantar

Ia memaparkan beberapa karakteristik SDM yang luar biasa, mulai dari kompetensi teknis hingga kemampuan beradaptasi dengan perubahan zaman. Ciri kedua adalah memiliki nilai-nilai moral yang kuat seperti kejujuran, komitmen, kerjasama, dan tanggung jawab, tambahnya.

Fauziyah juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik sumber daya manusia. “Dalam konteks Indonesia, mengembangkan sumber daya manusia dengan karakter positif tersebut tidak lepas dari falsafah negara dan bangsa kita, Pancasila,” jelasnya.

Ia juga memuji Universitas Semarang yang telah memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berkontribusi dan maju di dalam institusi, terbukti dengan lima dari total delapan profesor adalah perempuan.

“Kepada semua perempuan, negara memberikan kesempatan melalui konstitusi dan undang-undang untuk memungkinkan perempuan mengambil peran di luar peran domestik,” tambah Fauziyah. (antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles