10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Lim Hariyanto Melesat Jadi Orang Paling Kaya ke-5 RI

Jakarta, MISTAR.ID

Nama Lim Hariyanto Wijaya Sarwono secara tiba-tiba melesat ke urutan 5 besar orang terkaya di Indonesia. Hartanya naik berkali-kali lipat dalam kurun waktu yang singkat.

Dilansir dari media, Selasa (18/4/23), harta kekayaan Lim Hariyanto saat ini ditaksir mencapai US$ 6,5 miliar atau setara dengan Rp97,5 triliun (kurs Rp15.000). Jumlah hartanya itu membuat Lim Hariyanto berada di urutan ke-5 sebagai orang paling kaya di Indonesia.

Padahal, pada tahun lalu atau 2022 kemarin, pria berusia 94 tahun ini masih berada di urutan ke-36 orang terkaya di Indonesia. Saat itu harta kekayaannya sebesar US$ 1,12 miliar atau setara dengan Rp16,8 triliun.

Baca juga: Orang Terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe ingin Beli Manchester United Senilai £15 Miliar

Artinya dalam 4 bulan terakhir, harta kekayaan Lim Hariyanto melesat naik hampir 6x lipat, yang membuatnya kini berhasil masuk dalam jajaran 10 besar orang paling kaya di Indonesia.

Diketahui bahwa Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di produsen minyak sawit yang terdaftar di Singapura, Bumitama Agri. Adapun perkebunan kelapa sawit milik Bumitama Agri ini masih berlokasi di Indonesia.

Di sisi lain, Lim Hariyanto juga bergerak di bidang pertambangan. Diketahui bahwa Grup Harita milik keluarganya juga memiliki mayoritas saham di perusahaan tambang, Cita Mineral Investindo.

Baca juga: Gautam Adani Pria Asia Orang Terkaya ke-3 Dunia, Kalahkan Bill Gates

Sementara itu Lim Hariyanto tercatat memiliki 7 anak, di mana 2 anaknya menjadi pemegang peran paling penting di beberapa perusahaan miliknya.

Salah satu putranya, yakni Lim Gunawan Hariyanto merupakan CEO Bumitama Agri. Sedangkan salah satu putrinya, yakni Christina merupakan presiden komisaris perusahaan sekuritas, Harita Kencana Sekuritas. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles