20.5 C
New York
Friday, May 10, 2024

Jokowi: Kemungkinan Dunia akan Hadapi Varian Lebih Menular

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo mewanti-wanti kemungkinan munculnya varian lain yang lebih menular, dan selama perpanjangan PPKM Level 4 diminta agar lebih meningkatkan upaya tes dan telusur (tracing) pasien virus corona (Covid-19).

“Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular,” kata Jokowi di Istana Negara, disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/21).

“Saya memerintahkan agar testing dan tracing bisa ditingkatkan lebih tinggi dan respons treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan meningkatkan angka kesembuhan,” ujarnya.

Baca Juga: Pakar Penyakit Menular Prediksi Ada Varian Baru Corona Asal Indonesia

Jokowi mengatakan tes dan telusur akan jadi pilar penanganan pandemi Covid-19. Ia juga meminta dua upaya itu didukung dengan kesiapan penanganan (treatment) pasien Covid-19 di fasilitas kesehatan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memerintahkan bawahannya untuk meningkatkan kapasitas rumah sakit, pusat isolasi, dan ketersediaan oksigen. Jokowi berkata upaya-upaya itu guna menekan potensi kematian pasien Covid-19.

“Angka kematian harus ditekan semaksimal mungkin,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Gejala Covid-19 yang Sering Terjadi Setelah Ada Varian Baru

Sebelumnya, pemerintah memperpanjang PPKM Level 4 hingga 2 Agustus. Perpanjangan dilakukan usai mengevaluasi penerapan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 yang berlaku sejak 3 Juli.

Dalam pembatasan kali ini, pemerintah melonggarkan sejumlah sektor usaha rakyat. Jokowi mempersilakan pasar rakyat, khususnya pedagang kebutuhan sehari-hari, untuk beroperasi seperti biasa.

Pedagang pasar yang tidak menjual kebutuhan sehari-hari boleh beroperasi hingga pukul 15.00 dengan protokol kesehatan ketat. Usaha kecil di luar pasar boleh beroperasi hingga pukul 21.00.(CNN/hm02)

Related Articles

Latest Articles