11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

IPO Sebut Yasonna Laoly dan Terawan Agus Putranto Masuk Bursa Reshuffle

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia Political Opinion (IPO) sebagai Lembaga riset politik saat melakukan  survei mengaku bahwa Yasonna Laoly dan Terawan Agus Putranto masuk dalam bursa reshuffle alias perombakan kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Paling muncul pertama ini bukan nama yang asing Yasonna Laoly ada 61,4 persen paling layak dilakukan reshuffle,” ujar Direktur IPO Dedi Kurnia Syah dalam acara Diskusi Polemik Trijaya, Sabtu (4/7/20).

Setelah Yasonna, berikutnya ada nama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebesar 52,4% suara, kemudian Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah 47,5%, dan Menteri Agama Fahrul Razy 40,8%.

Baca juga: Kinerja Menterinya Mengecewakan, Jokowi Buka Opsi Reshuffle Kabinet

Selanjutnya ada nama Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo 36,1%, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan 33,2%, dan Menteri Sosial Juliari Batubara 30,6%.

Kemudian ada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki 28,1%, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali 24,7%, dan ada nama Menteri BUMN Erick Thohir 18,4%.

Lebih lanjut menurut Dedi, menteri yang diharapkan oleh publik justru diganti, justru orang yang dianggap paling dekat dengan Jokowi. Sebut saja Yasonna yang merupakan satu kader dari partai PDIP dengan presiden, maupun Erick Thohir yang merupakan ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Baca juga: Jamin Keamanan Lebih dari 19.000 Warganya di Indonesia, Dubes Jepang Temui Tiga Menteri

“Jangan sampai kedekatan itu membuat mereka kemudian tidak berupaya lebih baik karena merasa aman dari kritik dan koreksi dari presiden,” ucapnya.

Selain itu, ia mengungkapkan terjadi peningkatan keinginan masyarakat terhadap reshuffle dibandingkan dengan survei sebelumnya yakni pada 100 hari kerja Jokowi-Ma’ruf.(cnbc/hm07)

Related Articles

Latest Articles