11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Hari Ini 31 Wilayah Indonesia Dilanda Cuaca Ekstrem

Jakarta, MISTAR.ID

Peringatan dini terkait peluang cuaca ekstrem dan hujan deras hari ini, Kamis (4/1/24) dikeluarkan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dirangkum dari akun Instagram BMKG, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di sejumlah wilayah tanah air mulai dari Aceh hingga Papua.

BMKG memperkirakan akan terjadi kenaikan cuaca ekstrem sampai pertengahan Januari 2024.

Baca juga:Waspadai Cuaca Ekstrem, BPBD Simalungun Pasang Early Warning di Titik Rawan

Kajian terkini BMKG menunjukkan adanya dinamika atmosfer yang berpeluang menimbulkan cuaca ekstrem di beberapa daerah dalam sepekan mendatang.

Ini diakibatkan Monsun Asia Musim Dingin atau musim angin baratan mulai menunjukkan efeknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari 2024 diperkirakan cukup intens.

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini telah mulai memasuki daerah tanah air, dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung bisa memicu peningkatan potensi hujan sedang-deras di berbagai wilayah.

Keadaan itu diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan sampai 5 hari ke depan. Sisi dinamika lain yang turut memperkuat peluang dimaksud adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar area Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Baca juga:Papua Tengah Dilanda Kekeringan dan Cuaca Ekstrem, Mensos Kirimkan Bantuan

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG untuk hari ini:

Hujan sedang-deras disertai kilat/petir/angin kencang terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Hujan disertai kilat/petir/angin kencang terjadi di Nusa Tenggara Timur, Gorontalo dan Maluku. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles