13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Golkar Luruskan Manuver Akbar Tanjung Saat Dukung Anies Jadi Capres

Jakarta, MISTAR.ID

Senior Partai Golkar Akbar Tanjung membuat pernyataan mengagetkan soal dukungan di Pilpres 2024. Akbar Tanjung mendukung Anies menjadi calon presiden (capres), pernyataan yang diluruskan Partai Golkar.

Pernyataan ini disampaikan Akbar Tanjung kepada wartawan di acara peresmian Monumen Tritura 66 yang direlokasi ke Taman Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/22). Akbar mengungkit hubungan junior-senio dengan Anies Baswedan di KAHMI.

“Yang saya hormati Pak Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Bapak Anies Baswedan dalam organisasi KAHMI dia sebetulnya masih junior saya. Tentu saja saya bangga sebagai senior bahwa beliau menjadi calon Presiden,” kata Akbar Tanjung.

Akbar Tanjung lanjut menyampaikan peluang Anies di 2024. Dia yakin Anies sangat berpeluang jadi Presiden.

Baca Juga:Saat Prabowo Tertawa Lepas Saat Tanggapi NasDem Usung Anies Sebagai Capres

“Lalu peluang beliau di Pemilu 2024 yang akan datang sangat kuat untuk menjadi Presiden,” ujarnya.

Anies sebagai calon presiden. Dia juga memastikan Anies tepat menjadi presiden di 2024.

“Karena itu saya juga pakai baju kuning. Karena saya juga mendukung beliau sebagai calon presiden,” ucapnya.

“Beliau orang pintar seorang akademisi tapi juga seorang yang betul memiliki suatu pemikiran yang jauh ke depan tentang pembangunan Indonesia. Beliau tepat menjadi Gubernur dan lebih tepat lagi bahwa beliau akan menjadi Presiden,” kata Akbar.

Bantahan DPP Golkar

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menegaskan Akbar Tanjung masih memegang keputusan Musyawarah Nasional (Munas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar yang memutuskan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Menurut Doli, pernyataan Akbar Tanjung soal Anies hanya sebatas ucapan selamat.

Baca Juga:KPK Panggil Anies Baswedan, PDIP Harap Dugaan Kesewenang-wenangan Terungkap

“Sebetulnya, itu hanya pernyataan normatif saja. Bicara soal tanggapan seorang tokoh menanggapi pencapresan seseorang. Sebatas seperti mengucapkan selamat saja (kepada Anies),” kata Doli dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/22).

Doli menyebut pernyataan Akbar Tanjung juga tidak spesifik merujuk pada Pilpres 2024. Sebab, menurut dia, Akbar Tanjung menyatakan ‘juga dukung beliau (Anies Baswedan)’ di acara yang juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Doli mengatakan Akbar Tanjung aktif terjun ke masyarakat untuk mempromosikan Airlangga sebagai capres dari Partai Golkar.

“Sejauh ini, sampai sekarang, Pak Akbar (Tanjung) masih konsisten dalam keputusan partai dan ikut aktif turun menyosialisasikan pencapresan Airlangga Hartarto dari Partai Golkar,” kata Doli.

Golkar Solid

Ketua DPP Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono menegaskan partai solid mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk 2024. Dave memastikan kebijakan internal partai menyangkut Pilpres 2024 tidak akan berubah.

Baca Juga:Duet Anies-AHY di Pilpres Mengemuka

“Kebijakan partai tidak berubah, calon presiden kami adalah Pak Airlangga Hartarto,” ujarnya.

Dave mengatakan tidak ada dinamika di internal terkait pernyataan Akbar Tanjung. Dave memastikan Golkar solid mendukung Airlangga di 2024.

“Tidak ada, semua masih sangat solid mendukung Airlangga tuk pilpres 2024 nanti,” ujar Dave.(detik.com/hm01)

Related Articles

Latest Articles