17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Gempa di Yogyakarta, BPBD: Belum Ada Informasi Kerusakan

Sukabumi, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan 6,0 magnitudo di Bantul, Yogyakarta sempat membuat warga resah dan panik, Jumat (30/6/23) sekitar pukul 20.00 WIB. Namun hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi belum mendapatkan laporan tentang kerusakan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat mengatakan, walau belum ada laporan kerusakan bangunan atau infrastruktur lainnya, pihaknya telah mempersiapkan tim untuk turun guna memantau perkembangan yang ada.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,0 Magnitudi Guncang Yogyakarta, Warga Sempat Panik

“Sudah kita kerahkan petugas untuk berpatroli. Getaran dari guncangan itu sangat dirasakan sebagian warga,” katanya, Jumat (30/6/23).

Ia yakin, getaran dari gempa tidak menimbulkan kerusakan, namun kesiapan tetap dilakukan dengan cara menyiapkan ruang untuk mendapatkan informasi seluas-luasnya dengan memantau nomor kontak yang tersedia.

Sebelumnya diberitakan, gempa dengan kekuatan 6,0 magnitudo mengguncang selatan Kulonprogo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Guncangan juga dirasakan sebagian warga di Nganjuk, Ponorogo, Jawa Timur dan Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (30/6/23).

Baca juga: Kepulauan Tanimbar Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, BMKG Imbau Ini

Berdasarkan catatan BMKG, gempa terjadi pukul 20.30 WIB dan gempa susulan 2 kali dengan magnitude M3,9.

Sesuai catatan BMKG, gempa berpusat laut sebelah barat daya Bantul dengan kedalaman 12 KM, tepatnya berada di 8.70 Lintang Selatan, 110,06 Bujur Timur. Diperkirakan gempa tersebut berada 94 kilometer dari Bantul.(antara/hm17).

Related Articles

Latest Articles