17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Gempa Bumi di Sumedang Berstatus Darurat Bencana Diberlakukan

Sumedang, MISTAR.ID

Gempa bumi di Kabupaten Sumedang yang dimulai sejak tanggal 1 Januari hingga 7 Januari 2024 kini statusnya darurat bencana ditetapkan Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman. Hal itu menyusul tindak lanjut atas rentetan gempa yang mengguncang Kabupaten Sumedang.

“Berdasarkan keputusan Bupati, Kabupaten Sumedang berada dalam darurat bencana gempa bumi setelah kami menetapkannya dan kami pun sudah langsung membentuk posko serta membentuk satgas untuk penanganan darurat bencana gempa bumi ini dalam satu minggu kedepan,” terangnya di RSUD Sumedang, Selasa (2/1/24).

Setelah status darurat atau tepatnya tanggal 8 Januari, lanjut Herman, pihaknya akan mulai melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap warga terdampak. Warga yang rumahnya mengalami rusak berat, sedang, dan ringan bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Baca juga : Sumedang Diguncang Gempa di Malam Tahun Baru, 137 Rumah Rusak

“Jadi insya Allah kami manage dengan baik dan rencanakan dengan baik sehingga penanganan bencana di Kabupaten Sumedang ini tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan personel kepolisian sudah ditempatkan untuk membantu penanganan bencana. Dia pun meminta warga agar tetap waspada menghadapi gempa susulan yang kemungkinan terjadi.

“Tanggap darurat dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan tanggal 7, otomatis personel yang kami kerahkan ini bersama dengan Satgas yang lain untuk melakukan penanganan pasca bencana. Selebihnya apabila ada informasi terkait dengan kondisi korban maupun kondisi kerusakan sebaiknya diinformasikan kepada posko karena posko bakal merespons segera terkait dengan keluhan-keluhan masyarakat,” sebutnya.

Baca juga : Gempa Bumi Tektonik Goyang Banda Aceh, Masyarakat Diimbau Tetap Tenang

Sebelumnya, rentetan gempa mengguncang wilayah Sumedang. Gempa pertama terjadi pada Minggu (31/12/23) dengan kekuatan 4,1 Magnitudo. Lalu, gempa kedua terjadi dengan kekuatan 3,4 Magnitudo.

Sementara, gempa ketiga terjadi dengan kekuatan 4,8 Magnitudo. Gempa susulan kembali terjadi pada Senin (1/1/24) di Sumedang dengan kekuatan 4,4 Magnitudo serta kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada 4 kilometer sebelah utara Kabupaten Sumedang. (kumparan/hm18)

Related Articles

Latest Articles