16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

GBK Diresmikan Jokowi, Siap Dipergunakan Saat Piala Dunia FIBA 2023

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo meresmikan arena multifungsi indoor Indonesia Arena di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (7/8/23).

Arena yang menelan biaya sebesar Rp640 miliar yang dikerjakan selama 18 bulan itu mampu menampung 16 ribu penonton itu terutama akan digunakan untuk turnamen bola basket.

Gedung itu juga dapat digunakan dalam pertandingan bulu tangkis, voli, futsal, dan kegiatan lain di luar olahraga, seperti konser musik.

Baca juga: Persiapan Piala Dunia, Sekjen FIBA Senang Mendengar Kemajuan Indonesia

Sebagaimana diketahui, pembangunan Indonesia Arena dimulai pada Desember 2021 dan tidak terlepas dari penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Sebelumnya, Indonesia Arena digunakan untuk menggelar ajang International Basketball Invitational (IIBI) pada 2, 4, dan 5 Agustus yang merupakan pertandingan uji coba Piala Dunia FIBA 2023.

Indonesia Arena yang berlantai lima ini terutama akan berfungsi sebagai lapangan basket utama dan lapangan latihan. Pembangunan arena dilakukan dengan menggunakan building information modeling (BIM), sebuah teknologi konstruksi yang berbasis Industri 4.0. (antara/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles