16.3 C
New York
Friday, May 17, 2024

Dulu Jokowi, Gantian Ganjar Bacakan Naskah Surat Wasiat Bung Karno

Jakarta, MISTAR.ID

Naskah ‘Dedication of Life’ atau Dedikasi Hidup merupakan teks yang dibuat Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 10 September 1966.

Sebelumnya, naskah ini pernah dibacakan Presiden Joko Widodo saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan tahun 2013. Ketika itu, Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Kali ini, pada Puncak Bulan Bung Karno (PBBK) tahun 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/23), naskah itu dibacakan Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Baca juga: Besok, Presiden Jokowi akan Hadiri Puncak Bulan Bung Karno

Gubernur Jawa Tengah membacakan ‘Dedication of Life’ yang merupakan surat atau wasiat Bung Karno, bertujuan mengajak rakyat melakukan pengabdian kepada Tuhan, tanah air dan bangsa.

Tahun 2013, naskah itu dibacakan Jokowi jelang pengumumannya sebagai Calon Presiden dari partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut.

Ketika Ganjar membacakan naskah itu, seketika kondisi hening dari dari ratusan ribu kader partai yang memadati GBK.

Baca juga: Jokowi Bertemu dengan Ganjar Pranowo, Ini yang Dibahas

Sementara Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan para ketua umum partai hadir menjadi tamu.

Pembacaan ‘Dedication of Life’ merupakan hal yang sakral dalam prosesi kepartaian. Ini bersamaan dengan menyanyikan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila.

Pelaksanaan PBBK 2023 diawali prosesi panji- panji kebesaran partai. Ini diawali dari apel 7 ribu pasukan Satgas Cakra Buana dan penampilan marching band. Selanjutnya, pawai Paskibraka membawa Bendera Merah Putih dan bendera PDI Perjuangan. (antara/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles