17.7 C
New York
Friday, May 17, 2024

Demi Membebaskan Pilot Susi Air, Polri Siap Menyerahkan Rp5 M ke KKB

Papua, MISTAR.ID

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin Egianus Kogoya mengultimatum pemerintah Indonesia untuk memenuhi permintaan mereka, yaitu Rp5 miliar. Jika diabaikan, KKB mengancam akan membunuh pilot Susi Air, Kapten Philip Mehrtens.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny pada Jumat (30/6/23) mengatakan, sejak awal penyanderaan uang sebesar Rp5 miliar sudah diminta KKB. Saat permintaan itu hendak dipenuhi, KKB tiba-tiba menutup komunikasi dengan aparat.

Sejak detik itu, kata Benny, Polri dengan Pemerintah Daerah (Pemda) sudah berkoordinasi agar dana yang dibutuhkan dapat dipenuhi. Namun tanpa alasan yang jelas, permintaan uang tidak pernah lagi muncul dari KKB.

Baca juga: KKB Papua Ancam 14 Tenaga Kesehatan

Berbagai upaya selalu dilakukan agar komunikasi dengan KKB bisa berjalan baik sehingga pilot Susi Air dibebaskan. Polisi telah mencoba berkoordinasi dengan sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat bahkan melalui keluarga Egianus Kogoya.

Sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan pihaknya siap memenuhi permintaan KKB demi menyelamatkan pilot Susi Air, kecuali permintaan untuk merdeka dan senjata. Sejauh ini negosiasi masih terus diupayakan. (mtr/hm17)

 

Related Articles

Latest Articles