26.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Citilink Mendarat Darurat, Penumpang Selamat lalu Pilot Meninggal

Jakarta, MISTAR.ID

Pesawat Citilink Indonesia rute Surabaya-Makassar terpaksa putar balik dan mendarat darurat di Bandara Juanda Surabaya. Meski mengalami kondisi darurat kesehatan, pilot pesawat berpenumpang 171 orang itu berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

“Sejumlah 171 penumpang terbang lagi menggunakan Pesawat Citilink Ex Samarinda dengan flight number yang sama QG307 take off jam 10.58 WIB,” ujar Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Juanda Yuristo Ardi Hanggoro seperti dikutip dari detikJatim, Kamis (21/7/22).

Baca Juga:Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma, 2 Rute Citilink Terdampak

Pendaratan darurat dilakukan karena pilot pesawat dengan nomor penerbangan QG 307 yang lepas landas dari Bandara Juanda, Kamis (21/7/22) pukul 06.00 WIB mengalami darurat kesehatan. Pesawat, yang seharusnya menuju Makassar itu, mengudara selama 15 menit. Pilot kemudian putar balik dan mendaratkan pesawat di Bandara Juanda lagi. Di bandara itu, sang pilot langsung mendapatkan perawatan medis. Tetapi, nyawanya tidak tertolong.

“Pagi tadi kami mendapat report ada permintaan emergency landing dari Citilink QG307 Surabaya-Makassar karena pilot incapacity, yakni sakit di atas pesawat. Pesawat take off 06.10 WIB dan mendarat kembali pukul 06.56 WIB,” ujar Yuris.

Baca Juga:Mulai 1 Juni 2020, Citilink Indonesia dan Lion Air Terbang Lagi

Pilot langsung diberikan penanganan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Namun, sang pilot kemudian dinyatakan meninggal dunia. “Dari informasi terakhir yang kami dapat, kami sampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya beliau,” kata Yuris.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi menyebut almarhum pilot diterbangkan ke Jakarta kemudian. “Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku,” kata Dewa.(detik.com/hm15)

Related Articles

Latest Articles