15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

BMKG Lakukan Pemantauan Hilal di 31 Titik Termasuk Sumut

Jakarta, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan melakukan pemantauan hilal 1 Syawal 1443 Hijriah sore ini. Tim pemantauan hilal BMKG tersebar di 31 titik di Indonesia termasuk di sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut).

“BMKG hari ini di 31 lokasi seluruh Indonesia akan melakukan pengamatan hilal, terdiri dari 33 tim,” kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono, Minggu (1/5/22).

Rahmat mengatakan tak ada persiapan khusus soal pemantauan hilal sore nanti. Sebab, BMKG aktivitas ini memang rutin dilakukan setiap tahun.

Baca Juga:Kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal Penetapan 1 Syawal di 99 Titik

Sejumlah lokasi yang menjadi titik pemantauan hilal tim BMKG antara lain Jayapura, Ambon, Manado, Ternate, Gorontalo, dan Balikpapan. Kemudian, Padang, Medan, Tapanuli dan sejumlah wilayah lain.

“Kami juga melakukan pemantauan hilal di Anyer. Di sana ada tiga tim,” ujar Rahmat.
BMKG berkoordinasi dengan kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan organisasi kemasyarakatan (ormas) islam setempat. Hasil pengamatan hilal BMKG bisa disaksikan secara live streaming.

Berdasarkan data BMKG, besar kemungkinan hilal 1 Syawal 1443 Hijriah akan terlihat. Ketinggian hilal diperkirakan sudah lebih dari 3 derajat.

Dengan begitu, kemungkinan besar Lebaran akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Artinya, perayaan Idul Fitri tahun ini berpotensi serentak antara pemerintah dan Muhammadiyah. (medcom/hm12)

Related Articles

Latest Articles