14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Berwisata ke Padang, Turis Asal Irlandia Positif Covid-19

Jakarta, MISTAR.ID
Pria 41 tahun berinisial CMC warga negara Republik Irlandia yang datang berwisata ke Indonesia, tepatnya ke Kota Padang Sumatera Barat, dinyatakan positif virus corona. Direktur Utama SPH Farhaan Abdullah mengatakan, pria asal Kota Dublin itu datang ke SPH seorang diri untuk tes PCR pada, 29 Mei 2020.

CMC ingin mendapatkan hasil tes PCR karena ingin bepergian ke Jakarta. Seperti diketahui, orang yang ingin masuk Jakarta harus mendapat surat keterangan negatif Covid-19. “Dia minta tes swab buru-buru karena mau pesan tiket berangkat ke Jakarta pada, Minggu (31/5/20). Ketika itu dia batuk dan pilek,” ucap Farhaan, Senin (1/6/20).

Farhaan menginformasikan pada, 31 Mei 2020, hasil tes PCR wisatawan asing itu keluar dan dinyatakan positif Covid-19. CMC langsung dijemput oleh petugas Dinas Kesehatan Kota Padang dengan ambulans dan alat pelindung diri level 3 di hotel. Sejak hari itu, ia dirawat di SPH dengan status pasien positif dengan gejala klinis.

Farhaan menuturkan, CMC terinfeksi Covid-19 di Padang setelah berada di kota tersebut lebih dari 14 hari sebelum dinyatakan positif pada 29 Mei. Sementara itu, masa inkubasi SARS-CoV-2 selama 14 hari. Artinya, keberadaannya di Padang melewati masa inkubasi virus tersebut.

Baca Juga:PDP yang Meninggal di Medan Punya Riwayat Pernah ke Padang

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, CMC mengunjungi Padang untuk berwisata. Turis asing itu masuk ke Padang pada 22 April dari Kota Medan. Pada 22 April, Sumbar belum menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dari catatan tempat-tempat yang disinggahi CMC di Padang, diketahui bahwa CMC menginap di beberapa hotel dan di sebuah rumah tinggal (homestay) di Padang, dan mengunjungi sebuah kafe.

“Menurut jadwal, dia kembali ke Irlandia pada 2 Juni. Namun karena positif Covid-19 dan dirawat di SPH, pulangnya menunggu petunjuk dokter SPH,” tutur Nasrul. Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan, pihaknya sedang menelusuri riwayat kontak fisik pria tersebut selama di Padang. (cnnindonesia/hm10)

Related Articles

Latest Articles