11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

96 Dokter dan Perawat Dikirim Gubernur Jateng Tangani Covid-19 di Kudus

Jakarta, MISTAR.ID

Lonjakan infeksi Covid-19 di Kudus yang mengakibatkan ratusan tim medis terpapar membuat Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bergerak cepat mengirimkan puluhan tenaga kesehatan untuk membantu penanganan.

“Total ada 96 dokter dan perawat yang diperbantukan, dengan rincian lima dokter spesialis paru, lima dokter spesialis penyakit dalam, 38 dokter umum, dan 48 perawat,” kata Ganjar Pranowo seperti dikutip media, Sabtu (5/6/21).

Ia menambahkan sebagian tenaga kesehatan yang dikirim ke Kabupaten Kudus itu berasal dari dokter di RSUD Moewardi, Kota Surakarta, dan sebagian lagi dibantu oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jateng.

Baca juga: Nakes Terpapar Covid-19 di Kudus Hampir 200 Orang

“Untuk perawat, ini butuhnya agak banyak 198, 48 sudah kami penuhi dari pemprov, terus kemudian yang masih proses kami 150 ini, ada dari PPNI, Poltekkes, Stikes yang sedang menyiapkan kurang lebih 150,” ujarnya pula.

Pemprov Jateng saat ini juga sedang menyiapkan tenaga kesehatan lain yang bakal diperbantukan di Kabupaten Kudus, seperti analis kesehatan, ahli gizi, hingga apoteker. “Saat ini masih dalam proses ‘assessment’ untuk bisa segera diperbantukan,” kata politikus PDI Perjuangan.

Menurut Ganjar, kondisi penanganan Covid-19 di Kabupaten Kudus saat ini mulai diatur dengan baik. Pemkab setempat juga telah mengirimkan sejumlah kebutuhan, yang beberapa di antaranya juga telah dipenuhi oleh Pemprov Jateng. “Ya sekarang kami memantau Kudus sambil sekaligus mendampingi, karena memantau saja tidak cukup,” ujarnya.

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Kasus Covid-19 Siantar Lebih Tinggi Secara Nasional

Selain itu, alat-alat kesehatan juga sebagian telah dipenuhi Pemprov Jateng, seperti ventilator dan oksigen, sedangkan alkes seperti High Flow Nasal Cannula (HFNC) dan hepa filter. Ganjar juga telah mengusulkan pemerintah pusat untuk membantu memenuhi kebutuhan itu.

“Dan untuk obat-obatan, alhamdulillah semua yang dibutuhkan udah kami kirim. Lalu untuk APD juga sama, semua kebutuhannya kami kirim. Jadi artinya apa, sampai dengan kebutuhan yang sifatnya dukungan teknis kami coba bantu,” katanya lagi. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles