15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

312 Anak Korban Gagal Ginjal Akut Akhirnya Terima Santunan dari Pemerintah

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah Indonesia akhirnya secara resmi memberikan santunan untuk pasien anak Gagal Ginjal Akut Progresif Atifikal (GGAPA) yang masih dalam perawatan intensif ataupun telah meninggal dunia.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Plt Kepala BPOM Lucia Rizka Andalusia, Rabu (10/1/24).

“Sesuai dengan arahan Presiden, agar korban terdampak mendapatkan perawatan dengan sungguh-sungguh bagi mereka yang dirawat, dan diberikan perhatian empati kepada keluarga yang meninggal,” kata Muhadjir.

Baca Juga : Kasus Gagal Ginjal Akut, Tiga Perusahaan Ditetapkan Jadi Tersangka

Dia menejelaskan, bantuan berupa uang tunai itu diberikan kepada 312 korban yang telah divalidasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan data pada September 2023, karena ditemukan data ganda dan atau bukan pasien GGAPA.

“218 diantaranya merupakan korban meninggal dunia dan diberikan santunan sebesar Rp50 juta. Sementara 94 korban yang telah sembuh atau masih dalam perawatan diberikan bantuan masing-masing sebesar Rp60 juta,” jelasnya.

Seluruh bantuan tersebut sudah dapat diakses oleh korban yang berada di luar DKI Jakarta. Muhadjir menyebut, pencairan santunan dan bantuan dapat dilakukan melalui bank penyalur yang sudah ditunjuk Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga : Pelaku Kasus Gagal Ginjal Akut Terancam Dijerat Korporasi

Bantuan diberikan pemerintah bukan untuk menutupi kasus hukum GGAPA. Pmerintah menghormati dan bakal mengikuti proses yang sedang berjalan.

Diketahui, gagal ginjal akut yang dialami banyak anak ini disebabkan obat sirop mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Sejumlah orang tua yang anaknya jadi korban mengajukan gugatan ke PN Jakarta Pusat. Mereka menuntut pertanggungjawaban 11 tergugat, yang diantaranya adalah BPOM, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Keuangan. (mtr/hm24)

Related Articles

Latest Articles