19 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Waspada Hujan Lebat Disertai Petir, Picu Potensi Hidrometeorologis di Daerah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir di sejumlah daerah di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BMKG wilayah I Medan Martha Manurung mengatakan, kondisi ini berpotensi terjadi di lereng barat, lereng timur, pantai barat, pesisir timur, dan pegunungan Sumut.

“Keadaan ini dapat memicu genangan air, banjir, angin kencang, longsor dan bencana hidrometeorologis lainnya,” ujarnya, Selasa (1/8/23).

Martha mengatakan, intensitas hujan di Sumut masih cukup tinggi. Pagi ini hujan ringan berpotensi terjadi di Kepulauan Nias, Langkat, Medan, Deli Serdang dan Serdang Bedagai (Sergai).

Baca juga: BMKG Prediksi Cuaca Panas Terjadi di Paluta, Asahan dan Sergai: Waspadai Kebakaran

“Untuk siang – sore hari hujan ringan hingga lebat diperkirakan terjadi di Kepulauan Nias, Madina, Karo, Humbahas, Pakpak Bharat dan Langkat,” ucapnya.

Selanjutnya, kata Martha, pada malam hari hujan ringan hingga lebat disertai guntur diperkirakan akan terjadi di Langkat, Medan, Binjai, Asahan, Deli Serdang dan Samosir.

“Dini hari nanti hujan ringan diperkirakan masih akan terjadi di Kepulauan Nias, Deli Serdang, Sergai, Asahan, Batubara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan,” sebutnya.

Martha mengatakan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 33.0⁰ C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG : Waspada Perubahan Cuaca Tiba-tiba, Guntur dan Angin Kencang

“Terdapat 6 titik panas (hotspot) di Sumut yang tersebar di beberapa daerah seperti Labusel, Labura, Paluta, Palas dan Labuhanbatu,” tukasnya. (ial/hm20)

Related Articles

Latest Articles